Sukses

Jasa Marga Kebut 2 Proyek Jalan Tol

Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), pekerjaan konstruksi di kedua ruas jalan tol tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui dua anak usahanya yakni PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dan PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) berkomitmen untuk mengebut pembangunan dua ruas jalan tol yang masuk ke dalam jaringan Jalan Tol JORR II, yakni ruas Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan ruas Tol Cinere-Serpong.

Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), pekerjaan konstruksi di kedua ruas jalan tol tersebut tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Direktur Utama PT JKC Agus Suharjanto menyampaikan, bahwa pembangunan konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran hingga 16 Juni 2020 telah mencapai 83,79 persen, dan progres pembebasan lahan mencapai 84,74 persen.

"Saat ini, pembayaran 67 bidang tanah bisa dilaksanakan di akhir bulan Juni 2020 dan sisanya sebanyak 200 bidang tanah harus dilakukan konsinyasi," ujar Agus dalam keterangan tertulis, Jumat (19/6/2020).

Agus menambahkan, proses konstruksi diharapkan dapat diselesaikan pada November 2020 sehingga di akhir tahun ini sudah siap untuk dioperasikan.

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sendiri terbagi menjadi empat seksi, yakni Seksi I Simpang Susun Kunciran-Underpass Tirtayasa (2,04 km), Seksi II Underpass Tirtayasa-Underpass Benteng Betawi (3,52 km), Seksi III di Underpass Benteng Betawi-Underpass Husein Sastranegara (6,57 km), dan Seksi IV Underpass Husein Sastranegara-Simpang Susun Benda (2,05 km).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tol Cinere-Serpong

Sementara itu, Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari mengungkapkan, pembangunan konstruksi Jalan Tol Cinere-Serpong hingga 16 Juni 2020 mencapai 82,28 persen dengan progres pembebasan lahan sebesar 91,08 persen.

"Jalan Tol ini nantinya akan tersambung dengan ruas Tol Serpong-Kunciran yang telah lebih dahulu beroperasi, serta Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran," ungkapnya.

Adapun Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 km, terdiri dari dua seksi, yakni Seksi 1 Serpong-Pamulang (6,59 km) dan Seksi 2 Pamulang-Cinere (3,55 km). Ruas Jalan Tol Serpong-Cinere akan melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere.

Mulanya, pengerjaan ruas tol ini ditargetkan dapat rampung dan beroperasi sebelum Lebaran 2020 atau pada akhir Mei. Namun kini belum ditentukan kapan Jalan Tol Cinere-Serpong akan selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.