Sukses

6 Karier yang Pas Bila Minat Kerja di Bidang Keuangan

Liputan6.com, Jakarta Berkarier di bidang keuangan menjadi keinginan banyak orang, barangkali Anda salah satunya.

Hingga saat ini, bidang keuangan memang menjanjikan banyak peluang kerja di berbagai sektor. Bahkan semua perusahaan membutuhkan tenaga profesional dalam urusan yang satu ini.

Tidak hanya perusahaan dalam skala yang besar saja, tenaga keuangan juga dibutuhkan untuk berbagai bisnis dalam skala kecil sekalipun. 

Bukan hanya itu saja, karier di bidang keuangan juga bisa dinikmati sebagai profesional yang mandiri, tanpa bergabung dengan perusahaan milik orang lain.

Jika sudah memiliki keahliah sebagai seorang profesional di bidang keuangan, Anda bisa menjadi konsultan atau bahkan auditor independen yang jasanya banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Pilihan karier yang sangat beragam ini tentu sangat layak menjadi pertimbangan untuk menekuni bidang keuangan, bukan? Jadi, jika Anda berminat di bidang keuangan, berikut jenjang kariernya, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bekerja sebagai Akuntan Publik

Jika gemar berkutat di bidang keuangan, maka Anda bisa berkarier sebagai akuntan publik. Menjadi seorang akuntan publik, artinya Anda bekerja secara mandiri atau bergabung dalam sebuah kantor akuntan.

Akuntan publik bekerja untuk beberapa pekerjaan yang berbeda, seperti: melakukan pemeriksaan di bidang keuangan, memberikan konsultasi di bidang manajemen, atau bahkan menyusun sistem manajemen itu sendiri untuk perusahaan kliennya.

Untuk menjadi seorang akuntan publik, dibutuhkan sertifikasi khusus yang menyatakan bahwa Anda sebagai seorang profesional di bidang tersebut. Anda akan menangani pembukuan dari perusahaan-perusahaan yang menjadi klien Anda.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

2. Berkarier sebagai Akuntan Pemerintah

Berbagai instansi dan kantor milik pemerintah juga membutuhkan akuntan yang bertugas untuk menangani berbagai urusan keuangan di sana.

Akuntan pemerintah ini biasanya akan bekerja di berbagai lembaga keuangan pemerintah, termasuk berbagai instansi pemerintah lainnya, mulai dari tingkat pusat hingga daerah.

Peluang karier di bidang ini juga terbilang luas dan selalu dibuka dalam jumlah yang cukup banyak setiap tahunnya. 

Jadi, jika Anda passion di bidang keuangan, berkarier sebagai akuntan pemerintahan juga sangat menjanjikan.

3. Bekerja sebagai Konsultan Keuangan

Karier yang satu ini bisa Anda jalani secara independen atau bergabung di dalam sebuah perusahaan konsultan keuangan.

Seorang konsultan keuangan harus memiliki pengetahuan luas terkait dengan berbagai produk keuangan, isu ekonomi, atau bahkan hal lainnya yang berhubungan dengan keuangan kliennya.

Konsultan keuangan akan bekerja untuk membantu kliennya, baik itu badan usaha ataupun perorangan dalam merencanakan masa depan keuangannya. Hal ini berkaitan dengan berbagai keputusan di dalam keuangan, seperti: investasi, asuransi, persiapan dana pensiun, pengadaan dana darurat, tabungan, dan lainnya.

Jika melihat tugasnya yang cukup rumit, maka wajar saja jika seorang konsultan keuangan harus memiliki latar belakang pendidikan memadai terlebih dahulu. Selain itu, pengalaman dan juga pengetahuan yang luas terkait dengan bidang keuangan itu sendiri juga tentu menjadi poin yang tak kalah pentingnya.

Saat ini, layanan jasa konsultan keuangan sudah sangat banyak dicari dan dibutuhkan, terutama oleh mereka yang sudah “melek” tentang keuangan itu sendiri.

3 dari 4 halaman

4. Bekerja sebagai Staf Pembukuan dan Audit

Menjadi seorang staf pembukuan juga bisa jadi pilihan menarik lainnya di bidang keuangan. Seorang staf pembukuan akan memiliki beberapa tugas pokok yang penting di dalam keuangan perusahaan, antara lain: melakukan pemeriksaan berbagai transaksi keuangan, pencatatan setiap transaksi keuangan yang terjadi, hingga membuat laporan keuangan.

Dalam lingkup yang lebih luas lagi, seorang staf pembukuan juga bisa saja bertugas untuk mengelola rekening perusahaan, hingga membuat laporan keuangan serta laporan manajemen perusahaan itu sendiri. Sedangkan dalam bidang audit, seorang staf pembukuan akan melakukan pemeriksaan terhadap penggunaan kode yang terdapat di dalam laporan keuangan. 

5. Bakarier sebagai Akuntan Intern

Jika Anda ingin meniti karier sebagai akuntan di dalam sebuah perusahaan, maka Anda bisa menjadi akuntan intern.

Seorang akuntan intern akan bekerja penuh pada sebuah perusahaan dan menangani berbagai urusan terkait dengan keuangan perusahaan itu sendiri.

Apa saja yang diurusi? Di antaranya adalah mengelola sistem akuntansi perusahaan, menyusun laporan keuangan, menyelesaikan urusan pajak, menyusun anggaran keuangan, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

6. Bekerja sebagai Akuntan Pendidik

Jika Anda memiliki ketertarikan sebagai tenaga pengajar atau bahkan berkecimpung di penelitian bidang ekonomi dan keuangan, maka menjadi akuntan pendidik adalah pilihan yang sangat tepat.

Akuntan pendidik pada umumnya akan mengabdikan diri sebagai guru atau dosen yang memberikan pendidikan akuntansi kepada murid atau mahasiswanya. Selain itu, bekerja sebagai peneliti di lembaga riset juga bisa menjadi pilihan lainnya.

Tidak harus menjadi peneliti di lembaga milik pemerintah saja, karier sebagai peneliti ini juga sangat terbuka luas di berbagai lembaga riset milik swasta. 

Karier di Bidang Keuangan Tak Kalah Menjanjikan

Menekuni bidang keuangan bisa menjadi pilihan tepat buat Anda yang menginginkan pilihan karier yang sangat beragam. Bukan hanya pilihan kariernya saja, bidang keuangan ini juga memiliki prospek kerja sangat baik ke depannya.

Banyak peluang pekerjaan yang tersedia untuk bidang yang satu ini, baik itu sebagai seorang profesional yang bekerja mandiri maupun sebagai pegawai swasta dan juga pegawai pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.