Sukses

Begini Cara Mudah Lakukan Hobi dengan Kartu Kredit

Liputan6.com, Jakarta - Menggeluti hobi tentu menguras biaya yang tak sedikit, terutama untuk hobi yang berkaitan dengan seni dan otomotif. Buat sekali ikut serta dalam menggeluti hobi saja, Anda bisa menghabiskan uang sebanyak ratusan bahkan jutaan rupiah sekaligus.

Coba bayangkan kalau terus-menerus, maka uang yang dihabiskan pasti semakin banyak, bukan? Untungnya, ada cara yang bisa Anda lakukan agar hobi yang digeluti menguras isi dompet. Caranya dengan menggunakan kartu kredit.

Nah, agar kartu kredit memberi fungsi yang maksimal untuk hobi yang Anda punya, coba terapkan beberapa tips berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ketahui dan Tentukan Hobi secara Spesifik

Setiap orang mempunyai hobi yang berbeda-beda. Ada yang hobi kuliner, fesyen, travelling, nonton bioskop, hingga hobi otomotif. Pertanyaannya, apa hobi Anda yang sebenarnya?

Ketahui jenis hobi Anda secara spesifik agar memilih kartu kredit pun menjadi semakin mudah. Sebab, kartu kredit hadir dengan jenis benefit yang berbeda-beda.

Apabila kartu kredit ditujukan khusus untuk yang suka berbelanja, maka promosi yang ditawarkan pun kebanyakan promo belanja, baik di supermarket, mall, atau situs online. Kalaupun ada promo lain, jumlahnya pasti tidak sebanyak promo belanja ini.

2 dari 4 halaman

2. Cari Promo dan Diskon

Setiap bank memberikan promo dan diskon kepada masing-masing pengguna kartu kredit. Hanya saja, beberapa promo dan diskon tidak diinformasikan secara terbuka dan bebas.

Terkadang, promo dan diskon hanya diberikan kepada pengguna tertentu saja. Beruntunglah jika Anda menjadi salah satu di antaranya. Kalau tidak, Anda harus mencari-cari promo dan diskon yang sedang berlangsung agar bisa menikmatinya untuk memenuhi hobi.

Cari tahu informasi seputar promo dan diskon melalui sosial media, website, atau iklan. Sebelum digunakan nanti, coba tanyakan masa berlaku promo maupun diskon. Sebab, bank sering mengubah periode berlaku promo dan diskon tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. 

3. Tukarkan Poin yang Dikumpulkan

Bagi Anda yang hobi travelling atau belanja, bisa menukarkan poin yang ada pada kartu kredit untuk menikmati berbagai rewards berupa cashback, promo potongan harga, dan voucher, dan lainnya yang disediakan oleh bank penerbit.

Tapi sebelumnya, cek dulu jumlah poin reward Anda apakah sudah mencukupi atau belum. Apabila belum cukup, Anda harus lebih giat lagi mengumpulkan poin demi mendapatkan reward yang sesuai dengan hobi Anda.

Semakin besar transaksi, maka semakin besar pula poin yang bisa dikumpulkan. Jadi untuk transaksi yang jumlahnya besar, akan lebih baik kalau dibayarkan menggunakan kartu kredit demi memaksimalkan jumlah poin yang ada pada kartu.

3 dari 4 halaman

4. Ketahui ‘Merchant’ yang Bekerja Sama

Promo dan diskon kartu kredit biasanya hanya berlaku di merchant tertentu saja. Sebaiknya cek validitas merchant yang menawarkan promo agar di sana kamu bisa menggunakan kartu kreditmu untuk bertransaksi. Informasi mengenai merchant bisa diakses di website resmi bank, di media sosial, atau di aplikasi resmi bank. 

Merchant yang bekerja sama dengan bank memiliki syarat dan ketentuan tertentu untuk bisa menikmati promo dan diskon. Pastikan Anda sudah tahu dan sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku agar bisa menikmati program-program menarik yang ditawarkan oleh bank.

5. Pertimbangkan Kenaikan Limit

Untuk hobi yang membutuhkan biaya besar, apa salahnya jika Anda naikkan limitnya. Bukan bermaksud untuk konsumtif, tapi menaikkan limit ini akan membantu Anda untuk menjalankan hobi secara maksimal.

Alhasil, Anda tidak perlu mengeluarkan uang cash lagi untuk membiayai hobi karena satu kartu kredit sudah cukup untuk membiayai semua pengeluaran yang muncul dari hobi yang digeluti.

Sebelum menaikkan limit, kamu perlu menghitung total pengeluaran untuk menjalankan hobi terlebih dahulu sehingga nominal yang dinaikkan tidak terkesan mubazir. Dengan demikian, arus pengeluaran tetap terkendali meskipun jumlah pengeluaran bertambah karena menggeluti hobi.

4 dari 4 halaman

6. Atur Arus Kas Keuangan dengan Baik

Anda pasti tidak rela meninggalkan hobi begitu saja hanya karena permasalahan finansial. Apalagi kalau hobi sudah mulai berkembang dan menunjukkan kemajuan.

Agar Anda bisa terus menggeluti hobi, sebaiknya atur arus kas keuangan dengan baik setiap bulan. Minimalisir pos pengeluaran yang dianggap berlebihan. Sementara jumlah yang berhasil dikurangi bisa Anda alihkan menjadi modal untuk melakukan hobi.

Jangan lupa membuat catatan pengeluaran khusus untuk hobi dalam periode tertentu, sehingga Anda tahu besarnya uang yang sudah dihabiskan untuk menggeluti hobi tersebut. Catatan ini bisa juga digunakan sebagai pembanding guna mengetahui seberapa borosnya Anda dalam melaksanakan hobi itu.

Pengeluaran Irit dengan Kartu Kredit

Kartu kredit memang paling ampuh untuk urusan pengiritan, termasuk saat menggeluti hobi. Anda hanya perlu memilih kartu kredit yang pas untuk hobi. Setelah itu, tinggal maksimalkan fungsinya untuk menghemat pengeluaran. Satu lagi, jangan lupa bayar tagihan kartu kredit secara rutin agar Anda bisa terus menggeluti hobi.