Sukses

Mulai Mudah Lupa, Coba 7 Hobi yang Bantu Pertajam Ingatan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi kreatif adalah salah satu cara membuat otak tetap berfungsi baik hingga di hari tua. Memiliki hobi kreatif dapat secara serius meningkatkan daya ingat Anda, membantu Anda mengingat berbagai hal dengan lebih jelas.

Menggeluti hobi kreatif adalah cara terbaik untuk menghabiskan waktu sambil bersenang-senang. Bagian terbaiknya adalah, Anda bisa menciptakan sesuatu yang benar-benar unik.

Berikut ini adalah 7 hobi kreatif yang dapat mempertajam ingatan Anda seperti dilansir dari ehow.com.

1. Mewarnai

Kegiatan sederhana ini merupakan sumber penghilang stres yang amat baik dan murah. Mewarnai bagi orang dewasa belakangan kembali populer karena diklaim membantu meningkatkan daya ingat.

Menurut Neuro-Psychopharmacology and Biological Psychiatry, stres kronis berdampak negatif pada hippocampus Anda. Ini bagian otak yang bertanggung jawab atas ingatan.

Anda tak harus menggunakan kertas untuk melakukan kegiatan ini. Cobalah membuat tas kanvas yang bisa Anda warnai untuk karya seni yang bisa Anda pakai sendiri.

 

2 dari 7 halaman

2. Berkebun

Seperti halnya mewarnai, berkebun dapat meredakan stres karena menenangkan. Hobi ini bahkan dapat melindungi otak dan memperkuat kemampuannya untuk mengingat sesuatu.

The Medical Journal of Australia menemukan bahwa berkebun setiap hari terkait dengan risiko demensia yang lebih rendah. Gejalanya termasuk penurunan fungsi kognitif dan kehilangan memori.

 

3 dari 7 halaman

3. Melukis

Membuat karya seni seperti latihan untuk otak Anda. Semakin banyak dilatih, semakin kuat hasilnya. The Public Library of Science menjelaskan bahwa menjadi kreatif mendorong komunikasi antara berbagai bagian otak.

Pada dasarnya, memori Anda tak hanya diperhatikan tapi juga ditingkatkan. Tak perlu menjadi ahli untuk mendapatkan manfaatnya. Bahkan melukis hal sederhana dengan cat air saja pun cukup.

 

4 dari 7 halaman

4. Memasak

Memasak adalah cara yang luar biasa untuk merangsang otak Anda tetap aktif. Ini merupakan cara utama untuk mencegah penurunan kinerja otak.

Saat Anda memasak, otak Anda harus memproses tiap tindakan untuk melanjutkan tindakan berikutnya. Anda juga mendapat manfaat dari membaca instruksi, menggunakan isyarat visual, dan mencampurkan bahan-bahan dengan benar.

 

5 dari 7 halaman

5. Menggambar

Menggambar adalah salah satu kegiatan yang dapat menajamkan ingatan. Saat menggambar, tiap baris dibuat dengan tujuan dan terserah pada otak Anda untuk membuatnya bekerja.

Jenis perhatian dan olahraga ini akan membantu otak Anda membuat lebih banyak neuron, sel yang membuat pikiran Anda sehat.

 

6 dari 7 halaman

6. Merajut

Aktivitas rumit seperti merajut akan membuat memori Anda bersinar. Menurut British Journal of Occupation Therapy, merajut dapat membantu Anda melepaskan diri dari bola benang.

Ini terkait dengan perasaan-perasaan senang yang melindungi otak Anda seperti relaksasi, kebahagiaan, dan ketenangan. Semakin banyak merajut, semakin banyak fungsi mental yang berkembang.

 

7 dari 7 halaman

7. Menjahit

Menjahit membantu otak Anda tetap terjaga. Menurut The National Endowment for the Arts, kesadaran terus berjalan selama Anda melanjutkan pekerjaan kreatif.

Bahkan memutuskan bagaimana satu tusukan jarum mengarah ke tusuk berikutnya membuat otak Anda terhubung. Ini sangat penting untuk perkembangan otak dan ingatan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Apple Teliti Deteksi Dini Demensia Berbasis Data Apple Watch
Artikel Selanjutnya
Awas, Makan Cabai Berlebihan Rentan Sebabkan Demensia