Sukses

Patut Dicoba, Trik Bayar Tagihan Kartu Kredit ini Menguntungkan

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan kartu kredit jadi pilihan banyak orang, sebab produk perbankan yang satu ini dianggap praktis dan mempermudah berbagai kebutuhan transaksi keuangan. Bagi Anda yang aktif menggunakannya, Anda tentu menikmati kenyamanan dan juga beragam keuntungan dari alat pembayaran yang satu ini.

Namun semua itu hanya bisa didapatkan jika Anda menggunakan kartu kredit dengan bijak. Selain ketika menggunakan, Anda juga perlu mencermati proses pembayaran tagihan yang Anda lakukan setiap bulannya.

Kartu kredit memiliki berbagai biaya di dalamnya, termasuk biaya bunga maupun denda keterlambatan. Berbagai biaya ini bisa saja membuat tagihan kartu kredit semakin besar, apalagi jika Anda tidak memiliki cara yang tepat ketika membayar tagihan kartu kredit Anda.

Bukannya menghemat, berbagai kesalahan kecil ini bisa saja menimbulkan kerugian yang cukup besar di dalam keuangan Anda setiap bulannya, meskipun Anda sudah menggunakan kartu kredit dengan baik.

Hindari hal ini dengan cara yang tepat, sehingga kartu kredit Anda benar-benar memberikan manfaat maksimal. Begini trik bayar tagihan kartu kredit yang menguntungkan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Minta Tagihan Melalui E-Mail dan Buat Pengingat di Ponsel

Pengiriman tagihan kartu kredit bisa dilakukan melalui 2 cara, yakni melalui kurir (manual) dan juga melalui e-mail yang lebih praktis. Tagihan yang dikirim melalui kurir tentu akan tiba lebih lama dan berisiko tidak sampai ke tangan Anda dengan baik.

Hal ini akan membuat Anda kesulitan untuk membayar tagihan tepat waktu. Mintalah pihak bank untuk mengirimkan tagihan kartu kredit Anda melalui e-mail saja, sehingga Anda bisa menerimanya sesuai dengan tanggal cetak dan memiliki waktu yang cukup panjang untuk melakukan pembayaran.

Selain itu Anda juga bisa mengaktifkan notifikasi pembayaran Anda, agar keterlambatan pembayaran bisa dihindari. Anda bisa membuat pengingat sendiri di ponsel, sehingga tidak akan terlewatkan.

2 dari 3 halaman

2. Selalu Lunasi Setiap Tagihan yang Ada

Kartu kredit memang memberikan Anda kesempatan untuk berhutang, bahkan mencicil hutang tersebut selama beberapa bulan ke depan. Anda bisa membayar minimum (10 persen) dari tagihan yang Anda miliki.

Namun hal ini tentu tidak cuma-cuma, sebab Anda akan menanggung sejumlah bunga pembelanjaan/tarik tunai pada hutang yang tidak Anda lunasi tersebut. Semakin besar tagihan yang tidak Anda lunasi, maka akan semakin besar juga jumlah bunga yang harus Anda bayarkan.

Bukan hanya itu saja, sejumlah cicilan (utang) yang terdapat di dalam kartu kredit tentu akan membebani keuangan Anda, apalagi jika nilainya terbilang besar. Bukan tidak mungkin keuangan akan memburuk akibat beban utang yang besar di dalam kartu kredit Anda.

Hindari kondisi keuangan yang buruk akibat utang, pastikan Anda selalu membayar penuh tagihan kartu kredit Anda setiap bulannya, meskipun Anda diberikan kesempatan untuk membayar minimum paymen saja.

3. Manfaakan Layanan ‘Auto Debit’

Jika Anda termasuk orang yang praktis dan tidak ingin repot mengurus tagihan kartu kredit Anda setiap bulannya, maka Anda bisa memanfaatkan layanan auto debit untuk urusan yang satu ini.

Cek dan sesuaikan tanggal jatuh tempo Anda dengan layanan auto debit yang Anda aktifkan, sehingga setiap bulan tagihan Anda bisa terbayarkan tepat waktu. Jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa di dalam rekening yang Anda gunakan sudah terdapat sejumlah dana yang memadai.

Jumlah dana itu setidaknya mencukupi untuk melunasi tagihan kartu kredit yang Anda miliki. Selain mudah dan cepat, layanan auto debit ini juga akan menghindarkan Anda dari berbagai masalah akibat keterlambatan pembayaran.

3 dari 3 halaman

4. Bayar Tagihan Jangan Sampai Melewati Tanggal Jatuh Tempo

Membayar tagihan tepat waktu menjadi hal yang sangat penting, agar berbagai masalah akibat keterlambatan pembayaran bisa dihindari. Hal ini juga perlu Anda biasakan ketika membayar tagihan kartu kredit Anda.

Keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit bisa saja menimbulkan sejumlah biaya bunga dan denda keterlamatan di dalam kartu kredit Anda. Jumlahnya tidak bisa dibilang kecil, bahkan meski Anda hanya terlambat melakukan pembayaran satu hari saja.

Membayar karti kredit di saat-saat terakhir akan sangat beresiko, sebab bisa saja pembayaran Anda tidak berhasil dibukukan, sehingga Anda mengalami keterlambatan pembayaran.

Hindari hal ini dengan cara melakukan pembayaran sebelum masa jatuh tempo tagihan Anda tiba, setidaknya 2-3 hari di depan. Pembayaran yang lebih cepat seperti ini bahkan akan sangat penting, jika ternyata jalur pembayaran (bank) yang Anda gunakan berbeda dengan bank penerbit kartu kredit Anda.

Gunakan dan Bayar dengan Cara yang Tepat

Bagi Anda pengguna kartu kredit, Anda tentu sudah terbiasa melakukan pembayaran tagihan setiap bulannya. Pastikan Anda menggunakan kartu kredit Anda dengan cerdas dan melakukan pembayaran dengan cara yang tepat, sehingga berbagai masalah dan juga biaya keterlambatan pembayaran bisa dihindari dengan baik. Selain itu, hal ini juga akan memberikan Anda kesempatan untuk menikmati layanan kartu kredit secara maksimal.

Loading
Artikel Selanjutnya
Lakukan ini biar Anak Tak Rewel Saat di Pesawat
Artikel Selanjutnya
Suka Liburan di Gunung atau Pantai? Cari Tahu Kepribadianmu di Sini