Sukses

Segera Tutup Kartu Kredit Anda Jika Alami Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan kartu kredit menjadi pilihan banyak orang, sebab produk keuangan yang satu ini memberikan banyak kemudahan dan keuntungan. Tidak tanggung-tanggung, jumlah pengguna kartu kredit bahkan meningkat dengan tajam setiap tahunnya.

Seolah tidak ingin kehilangan peluang, bank juga beramai-ramai menyediakan berbagai jenis kartu kredit untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin tinggi ini. Di lain sisi, Anda sebagai pengguna kartu kredit bisa leluasa untuk memilih jenis kartu kredit yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan keuangan.

Lalu, apakah selama ini Anda sudah benar-benar menikmati manfaat kartu kredit Anda secara maksimal? Tidak selalu menguntungkan, kartu kredit juga bisa saja menjadi masalah di dalam keuangan.

Alat pembayaran ini bisa saja memberikan dampak negatif untuk Anda, terutama jika tidak bisa menggunakannya dengan bijak. Penggunaan kartu kredit yang tidak tepat dan terencana biasanya akan menimbulkan berbagai tagihan yang tidak perlu, sehingga akan selalu berhadapan dengan sejumlah tagihan yang besar setiap bulannya.

Bukannya mendapatkan keuntungan, produk keuangan ini bisa saja membuat kondisi keuangan semakin memburuk. Jika sudah tidak memberikan manfaat maksimal, akan sangat tepat bila kamu menutup kartu kredit yang miliki.

Nah, bila memang kondisi Anda benar seperti di bawah ini, berarti sudah tepat bila Anda ingin menutup kartu kredit. Apa saja? Simak ulasan berikut, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Kecanduan Belanja dan Banyak Menumpuk Utang

Limit kartu kredit yang dimiliki bukanlah sejumlah tabungan yang bisa Anda belanjakan sesuka hati. Artinya, jika Anda menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, maka Anda akan mendapatkan sejumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Akan sangat berbahaya jika Anda sudah kecanduan belanja dan selalu menggunakan kartu kredit untuk membeli berbagai barang tanpa rencana. Hobi ini akan membuat Anda boros dan menumpuk sejumlah utang di dalam kartu kredit.

Daripada memperburuk kondisi keuangan, akan jauh lebih tepat jika Anda menutup kartu kredit. Atau Anda bisa menggantinya dengan beralih ke limit yang lebih kecil.

2 dari 4 halaman

2. Biaya-Biaya Tambahan yang Mengejutkan

Kartu kredit memang menerapkan sejumlah biaya, beberapa bahkan bisa saja tidak Anda duga. Jika kartu kredit Anda sering dikenakan berbagai biaya tambahan yang mengejutkan seperti ini, maka Anda tentu akan dirugikan.

Hal ini juga akan mengurangi kenyamanan Anda selama menggunakan alat pembayaran tersebut, apalagi jika berbagai biaya ini terbilang cukup besar. Daripada kesal dan harus membayar berbagai biaya yang tidak perlu, menutup kartu kredit tentu bisa menjadi keputusan terbaik. 

3. Selalu Saja Merasa Khawatir akan Tindak Kejahatan

Keamanan selama menggunakan produk keuangan tentu akan menjadi hal yang penting, sebab hal ini akan mempengaruhi kenyamanan Anda selama menggunakan produk tersebut.

Hal yang sama juga berlaku ketika Anda menggunakan kartu kredit. Pada dasarnya kartu kredit memang rentan terhadap penyalahgunaan atau bahkan pembobolan oleh oknum pelaku kejahatan.

Jika Anda sudah memiliki rasa khawatir yang berlebihan terhadap berbagai tindak kejahatan keuangan seperti ini, maka menggunakan kartu kredit tentu bukan lagi pilihan yang tepat. Akan jauh lebih baik bila segera menutup kartu kredit, terutama jika selalu merasa tidak aman dan nyaman saat menggunakannya untuk berbagai transaksi keuangan.

3 dari 4 halaman

4. Tidak Memberikan Keuntungan Maksimal

Bukan hanya kenyamanan, keuntungan juga menjadi tujuan kebanyakan orang untuk menggunakan kartu kredit. Namun seiring dengan berlalunya waktu dan berubahnya kebutuhan, maka kartu kredit bisa saja tidak lagi memberikan keuntungan yang maksimal bagi panggunanya.

Perubahan fitur dan juga program yang ditawarkan oleh kartu kredit juga bisa menjadi penyebab berkurangnya keuntungan yang dapatkan dari penggunaan produk keuangan tersebut.

Hal ini bahkan akan semakin buruk, jika ternyata Anda sudah jarang menggunakan kartu kredit milik Anda. Dalam kondisi seperti ini, tidak ada salahnya untuk segera menutup kartu kredit tersebut. 

5. Beban Bunga yang Tinggi dan Sering Naik

Biaya bunga menjadi salah satu pertimbangan penting ketika menggunakan kartu kredit, terutama jika Anda termasuk orang yang sering tidak membayar penuh tagihan kartu kredit. Bunga yang tinggi tentu akan menjadi beban tersendiri, apalagi jika Anda selalu memiliki banyak transaksi dengan menggunakan kartu kredit tersebut.

Bukan hanya itu saja, kenaikan bunga yang terlalu sering juga akan mengganggu kenyamanan Anda sebagai pengguna kartu kredit. Jika sudah terbebani dengan biaya bunga yang besar seperti ini, akan sangat tepat untuk segera menutup kartu kredit.

Tutup dengan Alasan dan Cara yang Tepat

Menutup kartu kredit sering menjadi keputusan banyak orang, terutama mereka yang sudah merasa kurang nyaman dan tidak diuntungkan dengan penggunaan produk keuangan tersebut. Jika Anda memiliki alasan yang tepat, maka tidak ada salahnya untuk segera menutup kartu krediti. Jangan lupa untuk menutup kartu kredit Anda dengan cara yang tepat, sehingga kelak tidak mengalami masalah terkait dengan hal tersebut.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Modal yang Diperlukan untuk Jadi Miliarder
Artikel Selanjutnya
Masuk Daftar 100 Kota Berbahaya di Dunia, Jakarta Masih Lebih Aman dari Kuala Lumpur