Sukses

Listrik Rumah Anda Sering Padam? Mungkin Ini Penyebabnya

Berikut beberapa penyebab yang mungkin membuat listrik di rumah Anda turun atau padam

Liputan6.com, Jakarta Arus listrik di rumah Anda pernah mati tiba-tiba saat sedang asyik nonton TV atau mendengarkan radio? Wajah yang tadinya berseri-seri seketika berubah menjadi murung karena arus listrik terputus.

Penyebab listrik mati tidak sepenuhnya karena ada gangguan kelistrikan dari pusat. Akan tetapi, bisa disebabkan karena arus listrik padam di area rumah sendiri.

Jika arus listrik di rumah Anda hanya turun, tidak perlu khawatir. Kejadian ini tidak lepas dari beberapa faktor yang menyebabkan listrik turun.

Apa saja? Berikut beberapa penyebab yang mungkin membuat listrik di rumah Anda turun atau padam, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Mungkin Pemakaian Arus Listrik Melebihi Daya

Daya listrik di setiap rumah berbeda-beda. Ada yang 450 watt, 900 watt, dan 1300 watt, bahkan lebih. Jika daya listrik semakin besar, maka semakin banyak jumlah alat elektronik yang bisa dinyalakan dalam waktu bersamaan.

Sebaliknya, jika arus listrik semakin kecil, maka jumlah alat elektronik yang bisa dinyalakan pun juga terbatas. Oleh karena itu, cari tahu besarnya daya listrik yang dipasang di rumah Anda.

Apabila jumlah dayanya hanya 900 watt, itu berarti Anda harus membatasi jumlah penggunaan alat-alat elektronik untuk menghindari arus listrik turun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mungkin Ada yang Salah dengan Instalasi atau Pemasangan Kelistrikan

Pemasangan arus listrik tidak boleh asal-asalan. Jika terjadi kesalahan instalasi, maka arus listrik di rumah Anda akan sering turun. Guna mengatasinya, Anda bisa memanggil ahli kelistrikan atau PLN untuk memeriksa jenis kesalahan yang ada saat proses instalasi.

Proses pengecekan ini membutuhkan biaya. Jadi, Anda harus menyediakan uang ekstra ketika PLN datang ke rumah untuk memeriksa kondisi listrik secara keseluruhan.

3. Mungkin MCB Listrik Sedang Bermasalah

Mini Circuit Breaker (MCB) adalah alat yang berguna untuk memutuskan sambungan arus listrik saat kelebihan beban. Apabila MCB rusak, listrik di rumah Anda tidak akan pernah hidup sebelum MCB diperbaiki.

Oleh karrena itu, rawat MCB dengan baik. Jika perlu, lakukan pengecekan secara berkala khususnya saat arus listrik turun atau tiba-tiba mati. Apabila MCB sudah rusak, Anda bisa segera menggantinya dengan yang baru.

3 dari 4 halaman

4. Mungkin Pemasangan Sekring Kurang Kencang

Penyebab lainnya ada pada sekring. Jika pemasangan sekring longgar, kemungkinan besar listrik jadi mudah terputus, baik karena sekring terlalu panas atau karena arus listrik yang terlalu berat. Untuk pilihan terbaik, Anda bisa menggunakan kotak circuit breaker otomatis sebagai pengaman.

Pemasangan kotak sekring sangat mudah, bahkan Anda bisa memasangnya sendiri di rumah. Tapi, dengan catatan kalau arus listrik di rumah Anda harus dimatikan terlebih dahulu untuk menghindari adanya korslet.

5. Mungkin Ada Kabel Listrik yang Tidak Sesuai Standar

Kabel yang digunakan untuk listrik di rumah-rumah memiliki standar tertentu. Ada yang menurut standar PLN dan ada juga menurut standar SNI.

Dalam instalasi listrik, ada tiga kabel yang paling sering digunakan, yaitu kabel NYA, NYM, dan NYY. Ukuran dan jenis kabel yang akan digunakan sebaiknya disesuaikan dengan kapasitas daya listrik di rumah.

Besarnya kabel arus pengantar harus lebih besar dari rating MCB-nya. Jika Anda tidak tahu-menahu mengenai standarisasi kabel untuk listrik di rumah, lebih baik hubungi PLN untuk membantu memilihkan kabel yang tepat.

4 dari 4 halaman

6. Mungkin Ada Arus Listrik yang Korslet

Arus listrik mati bisa saja disebabkan karena korsleting sebagai akibat dari hubungan pendek antar arus listrik. Bukti terjadinya korslet semakin kuat lagi apabila fuse box dan sekring yang dipasang di rumah masih bagus.

Jika arus listrik korslet, segera matikan perangkat elektronik yang tersambung dengan listrik. Selain itu, jauhkan pula dari jangkauan anak-anak untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Arus Listrik Turun?

Arus listrik turun sebenarnya bisa diatasi dengan banyak cara. Untuk cara instan, Anda bisa segera menghubungi PLN untuk memperbaiki sambungan listrik di rumah Anda.

Tapi, Anda harus sabar menunggu karena PLN tidak bisa langsung datang ke rumah 10 atau 15 menit setelah ditelepon, melainkan berjam-jam karena masyarakat yang harus dilayani jumlahnya cukup banyak.

Hati-Hati Terhadap Masalah pada Arus Listrik

Masalah kelistrikan seperti korslet tidak boleh dianggap remeh. Banyak orang yang sudah menjadi korban jiwa karena kurang hati-hati saat memperbaiki sambungan listrik di rumah. Jika Anda kurang paham mengenai kelistrikan, langsung panggil ahlinya untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Ketahui pula penyebab arus listrik jeglek, lalu beritahu PLN agar proses perbaikan semakin mudah dan cepat. Dengan demikian, listrik di rumah bisa kembali hidup dan kembali digunakan seperti sedia kala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini