Sukses

5 Miliarder Terkaya Berkat Warisan, Siapa saja?

Lima orang terkaya berkat warisan sang bapak.

Liputan6.com, Jakarta - Ada bermacam jalan yang membuat seseorang menjadi miliarder. Ada yang berjuang dari bawah, ada yang meminjam uang puluhan juta dolar dari bapaknya untuk memulai bisnis, dan ada yang memang kaya berkat uang bapaknya.

Forbes memberikan klasifikasi angka terhadap para miliarder yang disebut Self-Made Score. Yang palig rendah adalah skor 1, artinya miliarder itu murni mendapat warisan dan tidak bekerja agar uang tersebut bertambah.

Semakin tinggi skornya, maka semakin tinggi peran miliarder tersebut dalam mendapatkan hartanya. Skor 4, misalnya, mendapatkan warisan kemudian bekerja agar makin kaya, seperti Donald Trump.

Skor 8 adalah orang yang berasal dari keluarga kelas menengah atau atas, seperti Mark Zuckerberg. Kemudian, ada Oprah Winfrey yang mendapat skor 10, artinya dia miliarder yang memang awalnya miskin.

Pada daftar Forbes 400, dijabarkan sejumlah miliarder yang meraih status tersebut berkat warisan. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. S. Robson Walton

Peringkat Forbes 400: 12

Self-Made Score: 4 (Mewarisi harta dan menambahkannya dengan signifikan)

Rob Walton adalah putra tertua dari Sam Walton, pendiri Walmart. Dia tidak sendirian, adik-adiknya pun turut bertengger sebagai orang terkaya di dunia.

Walton mengambil alih sebagai pemimpin perusahaan ketika sang ayah meninggal pada 1993. Hartanya ditaksir mencapai USD 44,9 miliar atau Rp 685,4 triliun (USD 1 = Rp 15.266).

3 dari 6 halaman

4. Alice Walton

Peringkat Forbes 400: 12

Self-Made Score: 1 (Mewarisi harta tetapi tidak bekerja untuk menambahkannya)

Wanita terkaya di Amerika Serikat, dan juga dunia. Alice Walton adalah putri dari dinasti Walton. Dia terkenal sering menyumbangkan uang untuk tujuan pengembangan seni dan pendukung Hillary Clinton sebagai capres AS. Sayang, ia mendapatkan skor terendah di Self-Made Score Forbes. Hartanya sejumlah USD 44,9 miliar atau Rp 685,4 triliun.

4 dari 6 halaman

3. Jim Walton

Peringkat Forbes 400: 11

Self-Made Score: 2 (Mewarisi harta dan berperan mengelolanya)

Putra bungsu dinasti Walton. Selain memiliki setengah saham Walmart bersama saudara-saudaranya yang lain.

Jim pernah menjadi anggota direksi Walmart sebelum memberikan posisi itu ke putranya pada 2016 lalu. Hartana ditaksir mencapai USD 45,2 miliar atau Rp 690 triliun.

5 dari 6 halaman

2. David Koch

Peringkat Forbes 400: 7

Self-Made Score: 5 (Mewarisi bisnis kecil atau menengah dan membuatnya menjadi harta 10 digit)

Selesai dinasti Walton, sekarang muncul nama figur dari dinasti Koch. David Koch dan kakanya adalah pemilik saham terbesar dari Koch Industries.

Industri tersebut bergerak di sektor makanan, manufaktur, sumber daya, dan sebagainya. Hartanya ditaksir mencapai USD 53,5 miliar atau Rp 816,7 triliun.

6 dari 6 halaman

1. Charles Koch

Peringkat Forbes 400: 7

Self-Made Score: 5 (Mewarisi bisnis kecil atau menengah dan membuatnya menjadi harta 10 digit)

Charles Koch mewarisi perusahaan yang bapanya bangun pada 1940. Nama Koch tidak hanya tersohor di dunia bisnis, tetapi juga politik.

Koch mendanai beberapa organsisasi kebijakan (think thank), seperti Cato Institute, The Heritage Foundation, dan American Enterprise Institute. Hartanya mencapai USD 53,9 miliar (Rp 822,8 triliun).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini