Sukses

Persiapan Penerimaan CPNS 2018 Capai 90 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) menyatakan persiapan untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah mencapai 90 persen. Dengan demikian diharapkan pengumuman penerimaan ini bisa segera dibuka.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, untuk masalah CPNS, dirinya harus berkonsultasi dulu dengan Menteri PANRB Syafruddin. Hal ini mengingat Syafruddin baru saja dilantik sebagai Menteri PANRB hari ini.

"(Persiapan) Sekitar 90 persen. Saya harus konsultasi dengan Pak Menteri yang baru dulu. Pak Menteri juga baru dilantik, barangkali nanti jadi lebih jelas lagi," ujar dia di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Saat ini pemerintah masih terus menyusun rincian formasinya. Menurut Setiawan, dalam penyusunan formasi ini, pemerintah memang lebih hati-hati agar tidak ada lagi pengajuan formasi yang sebenarnya tidak diperlukan.

"Saat ini kami sedang menyusun rincian formasinya, karena ini banyak sekali. Rincian formasi ini tebel-tebel karena semua posisinya per jabatan termasuk posisinya di mana. Jadi sangat detail. Kami tidak mau instansi pemerintah merekrut tanpa tujuan yang jelas, tidak sesuai tujuan organisasi. Oleh karena itu, betul-betul kami dalami betul itu makanya agak lama," ‎kata dia.

Sedangkan untuk prioritas formasi saat penerimaan CPNS 2018, lanjut dia, tidak akan banyak yang berubah karena akan diutamakan untuk mendukung program Nawacita pemerintah.

"Tinggal rincian formasinya. Karena kami ingin pertajam. Prioritas itu tenaga pendidikan, kesehatan, tenaga teknis yang mengkait langsung dengan Nawacita. Makanya nanti dengan Pak Menteri akan kami bicarakan. Mudah-mudahan tidak ada perubahan lagi," tutur dia.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerimaan CPNS Kemungkinan Mundur

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menyatakan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 kemungkinan akan kembali mundur. Hal ini terkait dengan pergantian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dari Asman Abnur ke Syafruddin.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, mengungkapkan, mengingat Menteri PANRB yang baru yaitu Syafruddin saat ini juga menjabat sebagai Ketua Kontingen (Chef de Mission) Indonesia dalam Asian Games 2018.

Syafruddin akan konsentrasi pada hal tersebut terlebih dulu. "Pak Menteri PANRB kan Chef de Mission jadi butuh waktu, ini kan dua perhelatan yang sama-sama besarnya, jadi Asian Games tanggal 2 (September) selesainya, jadi fokus ke sana dulu. Baru setelah itu kita rilis," ujar dia di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu 15 Agustus 2018.

Bima menyatakan, dengan adanya pergantian menteri ini, kemungkinan penerimaan CPNS akan kembali mundur, yaitu pada September mendatang. Namun begitu, dia belum bisa memastikan tanggal pengumumannya.

"Kemungkinan (September), September baru selesai Asian Games. Pak Menterinya Chef de Mission, Pak Menteri harus paham dulu sebelum mengambil keputusan," kata dia.

Menurut Bima, jika tidak terjadi pergantian menteri, kemungkinan, penerimaan CPNS dilaksanakan lebih cepat. Namun, kata dia, hal ini bukan masalah yang besar.

"Mungkin bisa lebih cepat, kalau tidak ada reshuffle Pak Menteri tidak sibuk ngurusin Asian Games, jadi bisa fokus," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.