Sukses

Kembangkan Wirausaha, GP Ansor Pamerkan Produk 30 UMKM di Ajang Ini

Liputan6.com, Jakarta Gerakan Pemuda (GP) Ansor menggelar Ansor Fair 2018 di Grand Pramuka Square, Jakarta, Minggu (22/4). Ansor Fair 2018 ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Lahir GP Ansor ke 84 tahun.

Ketua Umum Pengurus Pusat GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan, Ansor Fair 2018 yang dilaksanakan kali ini merupakan upaya GP Ansor dalam mendorong jiwa kewirausahaan pemuda di kalangan anggota dan kader.

"GP Ansor melihat potensi besar tumbuhnya wirausahawan di lingkungan internal organisasi, dan oleh karenanya GP Ansor berkomitmen untuk menciptakan ribuan bahkan jutaan wirausahawan muda di berbagai sektor," kata Yaqut dalam sambutan pembukaan Ansor Fair 2018.

Dia melanjutkan, Ansor Fair 2018 ini telah diikuti sebanyak 30 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari 16 Pimpinan Wilayah GP Ansor. Pada gelaran kali ini Ansor Fair 2018 juga turut memamerkan 83 produk kerajinan tangan, makanan dan minuman olahan, fashion, obat-obatan herbal dan onderdil dari hasil olahan kader GP Ansor.

Yaqut menuturkan, GP Ansor telah menetapkan kemandirian organisasi sebagai salah satu misi organisasi. Yakni melalui program-program pengembangan potensi kewirausahaan anggota, program peningkatan kapasitas dan ketrampilan, serta pengembangan jejaring bisnis, permodalan dan pasar menjadi prioritas program organisasi.

"Penetapan misi kemandirian organisasi dan program turunannya ini sangat relevan karena Indonesia hingga tahun 2030 nanti mengalami peningkatan jumlah penduduk usia produktif secara signifikan," jelas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

1 dari 2 halaman

Jadi Penopang Ekonomi

Dia mengharapkan, ke depan dengan tersedianya tenaga kerja usia produktif yang besar ini akan menjadi sumber daya penopang utama pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Tentu syaratnya didukung kualitas sumber daya manusia yang baik, khususnya tingkat pendidikan dan kesehatan mereka.

"Dan Insya Allah, jika kita dapat memanfaatkan peluang bonus demografi ini dengan optimal, maka berkah peningkatan kesejahteraan dan Pemerataan ekonomi akan dinikmati oleh seluruh bangsa Indonesia," ujarnya.

Sebagai informasi Ansor Fair 2018 dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 22 hingga 24 April 2018.

Ansor Fair 2018 juga secara resmi telah dibuka oleh Sekjen Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop dan UKM) Agus Muharram.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Mahfud MD Harap PSI Jadi Partai Manusia Bukan Allah atau Setan
Artikel Selanjutnya
Polri Minta Maaf Syuting Film 22 Menit Tutup Jalan MH Thamrin