Sukses

3 Tips Liburan Tanpa Ganggu Keuangan Ala Kids Zaman Now

Kids zaman now harus merencanakan keuangan harus dimulai sejak dini.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Desember merupakan bulannya surga dunia bagi orang-orang yang akan menikmati liburan di akhir tahun. Sebagian orang mengambil cuti untuk menikmati liburan ke tempat wisata. Destinasinya pun akan bermacam-macam, mulai dari liburan di negara sendiri, atau bahkan hingga mengunjungi luar negeri.

Bagi generasi milenial khususnya, pasti tak bisa menahan hasrat travelling-nya. Walaupun misalnya mereka tak memiliki cukup uang untuk berlibur, namun mereka akan mengusahakan sebisa mungkin untuk tetap bisa berlibur walaupun hanya dengan uang yang pas-pasan.

Namun saat ini, rasanya untuk generasi yang akrab disebut kids zaman now itu, merencanakan keuangan harus dimulai sejak dini agar kegiatan travelling mereka bisa berjalan dengan lancar.

Jangan sampai budget perjalanan justru memangkas nilai tabungan dan investasi masa depan.

1. Hindari Utang

Jika Anda sudah terjerumus dalam utang, sebaiknya Anda mulai menghentikannya dari sekarang. Sebisa mungkin minimalkan utang Anda, dan segera lunasi utang tersebut agar tidak menjadi beban pada tahun berikutnya.

Jangan mengeluarkan dana tabungan untuk hal yang tidak diperlukan. Alokasikan dana cicilan utang sebesar 30 persen dan ini akan menutupi semua utang Anda.

2. Catat Rincian

Ada baiknya jika Anda melakukan pencatatan yang baik untuk harta dan utang yang Anda miliki tahun ini, lalu bandingkan dengan akhir tahun yang lalu. Kemudian Anda bisa susun kembali rencana tahun depan terutama jika misalnya Anda akan mengalami kenaikan gaji atau bonus tahunan di tahun depan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Melakukan Evaluasi

3. Melakukan Evaluasi

Inilah gunanya pencatatan keuangan. Anda bisa segera mengkondisikan keuangan Anda dari setahun terakhir, dilihat dari sisi aset maupun tabungan serta investasi, apakah sudah mencapai apa yang Anda harapkan?Persipkan segala keuangan Anda untuk menyambut datangnya tahun 2018 yang lebih baik.

Anda bisa mengatur keuangan Anda mulai dari sekarang, jika Anda ingin mewujudkan keuangan yang lebih baik dari tahun 2017.

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silakan klik tdwuniversity.com

Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini