Sukses

Tak Biasa, Kakek di Jepang Bisnis Kopi Terbuat dari Bawang Putih

Di usia yang sudah senja, pria 74 tahun ini justru masih produktif menemukan ide-ide baru di bidang makanan

Liputan6.com, Jakarta - Usia bukanlah halangan untuk berkarya. Ini yang dibuktikan oleh seorang kakek asal Negeri Sakura Jepang, Yokitomo Shimotai.

Di usia yang sudah senja, pria 74 tahun ini justru masih produktif menemukan ide-ide baru di bidang makanan. Salah satunya adalah dengan mengolah bawang putih sehingga mampu memiliki tekstur dan rasa mirip dengan kopi.

Melansir Odditycentral.com, Kamis (19/10/2017), kopi karya Shimotai ini mampu dibuatnya tidak sengaja 30 tahun yang lalu. Saat sedang makan di restoran, Shimotai membakar steak dan bawang putih secara bersamaan.

Tertarik dengan aroma bawang putih yang hangus, dia menumbuknya dengan sendok dan mencampurnya dengan air panas. Minuman yang dihasilkan tampak dan terasa sangat mirip kopi. Ia pun mencatat penemuannya tersebut.

Setelah itu, kopi bawang putih buatannya harus vakum karena Shimotai masih sibuk bekerja. Barulah saat ia sudah pensiun, pria ini kembali mengembangkan penemuan uniknya tersebut.

Berkomitmen untuk mengubah minuman anehnya menjadi produk komersial, Yokitomo Shimotai menghabiskan bertahun-tahun untuk mengoptimalkan formula tersebut. Sekitar lima tahun yang lalu, dia akhirnya mencapai hasil yang diinginkan.

"Minuman saya mungkin yang pertama di dunia dari jenisnya. Ini tidak mengandung kafein sehingga sangat baik bagi mereka yang ingin minum kopi di malam hari atau wanita hamil," tutur Shimotai saat diwawancarai media lokal.

Kopi tersebut pun sukses digandrungi di pasaran. Kini, shimotai bahkan sudah memiliki kedai sendiri di daerah kota Ninohe, Prefektur Aomori.

Bagi Anda yang berminat membeliya, Shimotai juga menjual kopi tersebut dalam bentuk bungkusan dan kantung. Harganya ia banderol dari US$ 2,8 atau Rp 37.853 per bungkus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini