Sukses

Menanti Pengganti Pimpinan The Fed Janet Yellen

Kevin Warsh dan Jerome Powell diperkirakan sebagai calon pengganti pimpinan the Federal Reserve Janet Yellen.

Liputan6.com, Washington - Janet Yellen diperkirakan tak lama lagi menduduki posisi pimpinan bank sentral Amerika Serikat (AS) atau the Federal Reserve. Masa jabatan Janet Yellen akan berakhir pada Februari 2018.

Pada minggu ini menjadi minggu yang sibuk. Presiden AS Donald Trump mengadakan empat pertemuan dengan kandidat untuk menduduki posisi pimpinan the Federal Reserve. Trump akan mengumumumkan pimpinan the Federal Reserve dua hingga tiga minggu ke depan. Padahal seharusnya pengumuman diharapkan pada akhir 2017.

Presiden AS Donald Trump dan Menteri Keuangan Steve Mnuchin melakukan pertemuan dengan Kevin Warsh dan Jerome Powell untuk diskusi mengenai posisi pimpinan the Federal Reserve. Demikian mengutip laman Quartz, Kamis (5/10/2017).

Diperkirakan oleh sejumlah pihak,  Kevin Warssh akan gantikan posisi Yellen. Sebelumnya Kevin Warsh bertugas di Dewan Gubernur The Federal Reserve. Saat ini ia juga aktif di Stanford's Hoover Institute.

Warsh juga memiliki latar belakang sebagai profesional di sektor keuangan dan juga akademisi. Hal ini menjadikan faktor menarik dari dirinya. Pandangan Warsh juga dinilai sejalan dengan Trump.

Warsh menekankan kalau the Federal Reserve tidak independen seperti yang diperkirakan orang. Ini lantaran harus bertanggung jawab kepada kongres, publik dan presiden.

Mengutip laman CNBC, Warsh dikenal menjadi pengkritik the Federal Reserve selama bertahun-tahun. Ia mengeluhkan usai the Federal Reserve selamatkan ekonomi.

"Ini adalah erubahan rezim. Dia sangat vokal tentang apa yang dia anggap salah dan apa yang dilakukan secara berbeda," kata CEO DS Economics Diane Swonk.

Sementara itu, Jerome Powell yang menjabat di Dewan Gubernur the Federal Reserve merupakan calon kuda hitam. Namun dia juga dipandang sebagai calon yang lebih mungkin ketimbang Yellen.

Powell cenderung konservatif. Selain itu ia juga tidak memiliki latar belakang akademisi. Ia aktif berperan di private equity, bank dan investasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.