Sukses

Intip 5 Pekerjaan Sampingan Buat Tambah Penghasilan

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai seorang karyawan dari sebuah perusahaan, seseorang memiliki rutinitas yang bisa dibilang hampir sama setiap harinya.

Sebagai karyawan bekerja mulai dari pukul 8 pagi hingga 5 sore, dan itu akan berulang setiap hari, dari Senin hingga Jumat. Mungkin sebagian karyawan merasa pekerjaan seperti ini sudah cukup menyita waktu mereka, sehingga sisa waktu yang ada di saat akhir pekan digunakan untuk istirahat dan berkumpul bersama keluarga.

Namun, ada juga sebagian dari mereka yang malah sibuk mengerjakan pekerjaan sampingan. Memiliki pekerjaan sampingan ternyata bisa menambah kemampuan yang Anda miliki, dan tentunya menambah penghasilan Anda.

Tidak heran, sebagian karyawan juga ternyata melakukan pekerjaan sampingan yang umumnya memang mereka sukai. Bisa dibilang, pekerjaan sampingan ini juga seperti hobi yang mereka geluti dan ternyata menguntungkan.

Penghasilan yang mereka dapatkan dari pekerjaan sampingan ternyata bisa lebih besar dari pekerjaan tetapnya. Berikut ini lima pekerjaan sampingan untuk karyawan dengan gaji di atas Rp 5 juta, seperti dikutip dari laman www.cermati.com, Senin (18/9/2017):

1. Menjadi Web Developer

Dalam dunia online, keberadaan seorang web developer ternyata sangat penting. Khususnya dalam dunia bisnis online, web developer akan membantu Anda mengembangkan website yang dimiliki untuk bisa terintegrasi dengan fitur penting lainnya, seperti media sosial.

Selain itu, jasa web developer juga dapat membantu untuk meng-upgrade fungsional dan mampu mengusir bug. Jika memiliki keahlian seperti ini, maka Anda bisa memilih pekerjaan sampingan menjadi seorang web developer. Pastikan Anda memahami soal HTML, CSS, Ruby atau Javascript.

2. Menjadi Blogger

Gemar menulis konten lewat media blog? Anda bisa melakukan pekerjaan sampingan sebagai seorang blogger. Blogger adalah orang yang memiliki blog dan berhasil mendatangkan uang dari blog itu sendiri.

Pastikan Blog Anda ini berisi konten yang memang disukai oleh mayoritas pembaca, sehingga dapat meningkatkan jumlah traffic atau pengunjung blog.

3. Menjadi Konsultan Travel

Siapa bilang pekerjaan konsultan itu hanya ada di bidang keuangan atau pajak saja? Kegiatan yang menyenangkan dan hampir disukai banyak orang seperti travelling, juga bisa memunculkan profesi baru yaitu menjadi seorang konsultan travel.

Pastikan Anda memang seorang yang sering bepergian ke luar atau tinggal di daerah dengan tingkat kunjungan wisatawannya cukup tinggi. Dengan menjadi seorang travel konsultan, Anda juga bisa menambah lebih banyak relasi atau teman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Menjadi Fotografer

Sepertinya profesi yang sangat marak dinginkan oleh para pecinta fotografi adalah menjadi seorang fotografer yang dikenal di mana saja.

Anda bisa memilih pekerjaan sampingan sebagai seorang fotografer. Pastikan, Anda memiliki kamera DSLR atau meminta bantuan teman yang ahli fotografi. Setelah itu, cobalah mengenal lebih dalam bisnis fotografi tersebut.

5. Menjadi Penulis

Apakah Anda ingat penulis Novel terkenal bernama J.K. Rowling yang menulis serial Harry Potter? Beliau adalah penulis artikel bisnis juga. Saat ini, Rowling juga masih bekerja di perusahaannya.

J.K Rowling mulai menulis naskah novel pertama kali saat ia sedang menidurkan anaknya. Lama-kelamaan, ia menjadi terkenal dan seperti itulah dia sekarang.

Pekerjaan Sampingan Harus yang Sesuai Dengan Minat

Karena waktu Anda sudah banyak tersita oleh pekerjaan di kantor, jika ingin sambil mengerjakan pekerjaan sampingan, sebaiknya cari usaha sampingan yang sesuai minat. Dengan begitu, Anda akan senang menjalankannya dan keuntungan yang di dapat juga bisa maksimal. Aturlah waktu dengan seimbang antara pekerjaan tetap dengan pekerjaan sampingan.

Loading