Sukses

Inka Bakal Pasok 108 Kereta untuk KAI Mulai April 2017

Liputan6.com, Jakarta PT Industri Kereta Api (Persero) atau sering disebut Inka akan memasok 108 kereta pada Semester I 2017 untuk PT Kereta Api Indonesia (KAI). Pasokan Inka untuk KAI tersebut merupakan bagian dari 438 kereta yang dipesan KAI kepada BUMN yang bermarkas di Madiun tersebut.

Senior Manager Litbang dan ‎Rekayasa Inka Adib Ardhian mengatakan, rencananya Inka akan memasok secara bertahap kereta tersebut. Hal ini sesuai dengan kesepakatan terakhir antara Inka dengan KAI.

"Itu sebenarnya masih rencana, beberapa hari lalu kita bertemu dengan KAI, untuk tahap pertama di 2017 itu 108 kereta. Secara bertahap mulai April,"‎ ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Klaten, Jawa Tengah, seperti ditulis Rabu (16/11/2016).

Adib menyatakan, untuk kepastian pengadaan kereta ini, akan ada kesepakatan kerja sama antara kedua BUMN tersebut. Dari 108 kereta tersebut terdiri dari kereta K1 dan kereta K3.

"Secepatnya akan ada MoU kontrak karena sudah ada beberapa kali penjajakan. Dari 108 ini terdiri tiga (rangkaian) K1 dan enam (rangkaian) K3," kata dia.

Untuk sisa yang sebanyak 330 kereta, ditargetkan selesai pada akhir tahun depan. Namun hal tersebut masih bisa berubah sesuai dengan kesepakatan selanjutnya.

"Jadi 438 rencananya sampai tahun depan selesai. Tapi tahap pertama yang 108 itu, sisanya 300-an itu kami selesaikan di sisa akhir 2017. Tapi itu nanti masih akan berjalan," tandas dia. (Dny/Gdn)

Loading