Sukses

5 Negara dengan Bank Paling Aman di Dunia

Semakin tinggi skor yang didapat sebuah negara maka semakin tinggi keamanan dan kepercayaan yang diperoleh dari nasabah.

Liputan6.com, Jakarta Laporan daya saing global yang dikeluarkan oleh World Economic Forum memperlihatkan daftar negara dengan tingkat kepercayaan perbankan paling besar di dunia. Penilaian ini dilakukan dengan mensurvei populasi penduduk yang tinggal di beberapa negara.

Setiap negara diberikan rentang skor 1 hingga 7. Semakin tinggi skor yang didapat maka semakin tinggi keamanan dan kepercayaan yang diperoleh dari nasabah.

Survei tersebut menunjukkan penduduk di Inggris dan Amerika Serikat tidak lagi memiliki kepercayaan yang tinggi pada bank sejak krisis finansial tahun 2008. Peringkat teratas justru didominasi oleh negara Eropa dan skandinavia.

Berikut ulasannya dilansir dari independent.co.uk, Sabtu (8/10/2016):

5. Australia

Sektor perbankan Australia didominasi oleh empat bank besar. Pemerintah Australia dikenal memiliki regulasi yang ketat terhadap perbankan negaranya. Hal ini pun berimbas pada kokohnya sistem yang ada di masyarakat.

4. Selandia Baru

Sektor perbankan di Selandia baru didominasi oleh lima pemain keuangan. Keuntungan dan perkembangan yang layak mampu didapat oleh sektor ini walaupun kompetisi yang terjadi tidak begitu besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kanada

3. Kanada

Bank di Kanada terkenal akan stabilitasnya yang baik. Selama seratus tahun perkembangan negaranya, Kanada hanya pernah mengalami dua kasus kesalahan perbankan. Tahun lalu, Kanada bahkan didapuk sebagai bank teraman di dunia.

2. Afrika Selatan

Bank besar di Afrika Selatan dikenal dengan sebutan Big Four. Keempat bank ini mendominasi sektor konsumsi masyarakat dan dinilai sebagai lembaga yang aman.

1. Finlandia

Peringkat pertama ditempati oleh Finlandia. Negara ini mampu naik tiga peringkat ke rangking pertama setelah sebelumnya berada di urutan ke empat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.