Sukses

Instagram Uji Coba Layout Baru, Akomodasi Reels Tampil di Laman Depan

Melalui uji coba ini, Instagram mencoba menambahkan Reels dan Shops langsung di laman depan aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram diketahui tengah melakukan uji coba tampilan antarmuka baru untuk aplikasinya. Melalui uji coba ini, perusahaan mencoba menambahkan tombol Reels dan Shops langsung di laman depan aplikasi.

Dikutip dari Engadget, Kamis (10/9/2020), ada tiga desain layout yang sedang diuji coba. Tiap desain memiliki gaya berbeda, tapi ketiganya hadir untuk mengakomodir kehadiran Reels dan Shops di tampilan depan aplikasi.

Berdasarkan gambar yang diunggah di akun Twitter perusahaan, Instagram sepertinya tengah mencari variasi yang paling tepat untuk menghadirkan Reels dan Shops langsung di laman depan aplikasi.

Oleh sebab itu, ada beberapa opsi yang ditampilkan. Ada opsi yang memperlihatkan tab Liked dan Search diletakkan di pojok kanan atas layar sejajar dengan Direct Messages, sehingga kolom keduanya yang berada di bagian bawah layar diisi Shops dan Reels.

Lalu, ada opsi lain yang menampilkan tab Liked diletakkan di atas sejajar dengan Direct Messages dan posisinya di bawah digantikan oleh Shops.

Sementara tombol Reels menggantikan tombol Upload Tyang digeser ke pojok kiri atas, tepat sebelah kata-kata Instagram.

Terakhir, ada opsi yang menjejerkan semua fungsi tombol di bagian bawah, sehingga ada enam tombol di bagian tersebut, kecuali tombol Upload. Sebab, tombol Upload dipindah ke sebelah Direct Messages di pojok kanan atas layar.

"Pembaruan ini menggambarkan cara pengguna memakai aplikasi dan memberikan cinta tambahan untuk para kreator, video, dan opsi berbelanja," tulis perusahaan melalui akun Twitternya.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan kapan tampilan anyar ini akan digulirkan. Namun ada kemungkinan, salah satu dari tiga opsi tersebut akan menjadi tampilan baru Instagram ke depannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uji Coba, Instagram Stories Kini Tampil di Facebook

Sebelumnya, Facebook juga tengah melakukan uji coba untuk mengintegrasikan layanannya dengan Instagram. Hal itu dilakukan dengan memungkinkan pengguna mengunggah konten Instagram Stories ke platform Facebook.

Dikutip dari The Verge, fitur ini memang masih sebatas uji coba, tapi menunjukkan keseriusan Facebook membuat seluruh platform miliknya memberikan pengalaman penggunaan yang terintegrasi.

Untuk sekarang, uji coba fitur ini masih terbatas untuk sejumlah pengguna saja. Facebook pun mengatakan terbuka terhadap masukkan (feedback) dari pengguna mengenai kehadiran fitur tersebut.

Perlu diketahui, fitur ini sebenarnya tidak langsung membuat Instagram Stories pengguna muncul untuk seluruh pengguna Facebook.

Jadi, akun yang dapat melihat Stories tersebut sebenarnya hanya followers pengguna yang memang menghubungkan akun Instagram dan Facebook-nya.

Oleh sebab itu, perusahaan memastikan konten Stories yang muncul di Facebook, dilihat orang yang sama dengan di Instagram. Seluruh jumlah views maupun tanggapan untuk Stories itu nantinya tetap ditampilkan di Instagram.

3 dari 3 halaman

Facebook Mulai Gabungkan Instagram dan Messenger

Sebagai informasi, ini bukan kali pertama Facebook mencoba melakukan integrasi dengan Instagram. Bulan lalu, raksasa media sosial itu diketahui mulai menggabungkan Facebook Messenger dan Instagram Direct.

Dilansir The Verge, Minggu (16/8/2020), sejumlah pengguna melihat pembaruan di aplikasi Instagram dengan keterangan "There's a New Way to Message on Instagram".

Selain itu ada daftar fitur termasuk yang disebut dengan "a new colorful look for your chats," atau tampilan chat lebih berwarna.

Setelah pengguna menekan opsi pembruan, ikon DM yang biasa di kanan atas Instagram diganti dengan logo Facebook Messenger.

Fitur-fitur baru lainya termasuk chat di Instagram juga lebih berwarna daripada sebelumnya, lebih banyak reaksi emoji, serta opsi swipe-to-reply, dan "chat with friends who use Facebook."

Namun, untuk saat ini pengguna masih belum bisa mengirim pesan ke pengguna Facebook dari Instagram.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.