Sukses

Ngeri, Hacker Bisa Retas Komputer via Foto

Seorang peneliti keamanan asal India bernama Saumil Shah mengaku telah menemukan modus peretasan baru via foto.

Liputan6.com, Jakarta - Pasti tak sedikit dari Anda yang pernah secara tiba-tiba menerima email berupa foto kucing lucu atau wanita berpenampilan seksi. Sungguh menggoda untuk di-klik dan memperbesar gambarnya bukan?

Namun, berhati-hatilah. Pasalnya kemungkinan besar foto tersebut mengandung malware jahat yang dapat dengan segera menyusup dan menguasai komputer Anda. 

Seorang peneliti keamanan asal India bernama Saumil Shah di acara konferensi Hack In The Box mengaku telah menemukan modus peretasan baru menggunakan foto. Metode peretasan via foto ini sendiri dikenal dengan teknik "Stegosploit".

Shah menjelaskan, teknik Stegosploit memungkinkan hacker untuk menyembunyikan kode berbahaya (malware dll) di dalam pixel foto. Teknik ini sebenarnya hampir mirip dengan metode Steganografi, alias metode mengirimkan pesan rahasia dalam bentuk kode acak yang kerap digunakan pada era Perang Dunia II.

Namun di Stegosploit, kode yang disembunyikan bukanlah sekedar pesan biasa, melainkan malware jahat yang berfungsi untuk mencuri data-data pribadi pengguna.

"Ini adalah cara eksploitasi baru dengan penuh gaya," kata Shah seperti yang dikutip dari laman The Hacker News.

Anda penasaran bagaimana cara kerja teknik peretasan Stegosploit? Simak video di bawah ini.


">

(dhi/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini