Sukses

Kate Middleton Minta Maaf Usai Foto Bareng Anak-anaknya Bikin Heboh karena Ketahuan Hasil Editan

Kate Middleton akhirnya mengeluarkan permintaan maaf atas foto resmi pertamanya yang dipublikasikan setelah ia menjalani operasi perut.

Liputan6.com, London - Setelah lama ditunggu-tunggu publik, Kate Middleton akhirnya menyapa lewat akun Instagram resminya. Ia mengirimkan foto bersama ketiga buah hatinya—Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis—pada 10 Maret 2024 lalu, untuk merayakan hari Ibu di inggris.

Ini sekaligus juga merupakan foto resmi pertamanya yang dirilis setelah ia menjalani operasi perut pada Januari tahun ini.

“Terima kasih untuk doa baik Anda dan dukungan berkelanjutan selama dua bulan terakhir. Mengucapkan Selamat Hari Ibu kepada semua orang," begitu isi caption dalan unggahan tersebut, diwartakan kanal Lifestyle Liputan6.com.

Potret ini, disebutkan diambil oleh Pangeran William sendiri.

Namun tak lama setelah foto ini dipublikasikan, banyak warganet yang melihat keganjilan di dalamnya. Seperti posisi jari tangan Pangeran Louis yang aneh, kain pakaian Putri Charlotte yang tak pada tempatnya, hingga garis yang mencong.

Satu tudingan pun dilayangkan: foto ini adalah hasil editan.

Makin runyam setelah sejumlah biro foto jurnalistik menarik foto ini dari databasenya. Salah satunya adalah Associated Press atau AP.

“Meskipun tidak ada dugaan bahwa foto tersebut palsu, AP mencabutnya, karena setelah mempelajari lebih seksama, ditemukan ketidakkonsistenan yang menunjukkan bahwa foto tersebut telah diubah, misalnya pada posisi tangan kiri Charlotte dengan lengan sweaternya,” begitu pernyataan AP di situsnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Permintaan Maaf Kate Middleton

Pada Senin kemarin, Kate Middleton akhirnya mengeluarkan permintaan maaf atas foto ini. Ia mengaku sudah menyunting foto tersebut.

“Seperti banyak fotografer amatir, saya kadang-kadang bereksperimen dengan penyuntingan. Saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya atas kebingungan yang ditimbulkan oleh foto keluarga yang kami bagikan kemarin," begitu pernyataan sang Putri Wales di X atau Twitter.

3 dari 4 halaman

Krisis?

Sejumlah praktisi PR menganggap kejadian ini sebagai krisis. Apalagi beberapa waktu belakangan, publik mempertanyakan keberadaan Kate Middleton setelah menjalani operasi perut.

“Sekarang banyak orang yang mempertanyakan apakah foto ini hasil olahan AI, Photoshop, atau diambil dengan kamera, Ini bukan satu hal yang ingin dilekatkan dengan Kerajaan,” kata pakar PR dan krisis komunikasi Mark Borkowski, dilansir dari People.

4 dari 4 halaman

Kate Middleton Minta Maaf dengan Senang Hati

Sementara pihak Istana tampaknya santai saja menanggapi hal ini. Sumber Istana yang dihubungi People menyebut insiden ini bukan bencana, hanya batu kerikil saja.

“'[Kate] telah meminta maaf dan ia dengan senang hati melakukannya,' kata pihak dalam Istana tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.