Sukses

Kate Middleton Terekam Keluar Istana dengan Pangeran William Usai Minta Maaf karena Manipulasi Foto

Pangeran William terlihat memimpin acara kerajaan dengan Ratu Camilla, sedangkan Kate Middleton tak kelihatan batang hidungnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kate Middleton terekam meninggalkan Istana Windsor bersama Pangeran William pada Senin, 11 Maret 2024, beberapa jam setelah meminta maaf usai ketahuan memanipulasi foto. Ia difoto berada semobil dengan suaminya yang akan menuju Westminster Abbey, tempat Pangeran William menghadiri acara Hari Persemakmuran.

Dalam foto tersebut, wajah Kate hanya terlihat dari samping. Foto itu adalah foto keduanya yang beredar di publik setelah ia menjalani operasi perut pada Januari 2024 dengan agenda publik terakhir yang dihadirinya adalah mengunjungi gereja di Sandringham saat Hari Natal 2023.

Ia juga tak ikut suaminya menghadiri salah satu acara kerajaan penting tersebut. Mengutip NY Post, Selasa (12/3/2024), Kate dilaporkan memiliki agenda pertemuan pribadi.

Dalam beberapa pernyataan, Istana Kensington menyampaikan bahwa Kate baru akan bertugas kembali setelah libur Paskah. Ketidakhadiran Kate dari mata publik memancing konspirasi mengenai kondisi kesehatannya. Situasi diperparah ketika ia merilis fotonya dengan ketiga anaknya yang telah direkayasa, memaksanya untuk meminta maaf pada Senin pagi.

"Seperti banyak fotografer amatir, saya kadang-kadang bereksperimen dengan pengeditan," tulis sang putri di X. "Saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya atas kebingungan yang disebabkan oleh foto keluarga yang kami bagikan kemarin."

Cuitan permintaan maaf Kate keluar setelah empat agensi foto terkemuka, yakni Reuteurs, Associated Press, Getty, dan AFP, menarik gambar tersebut karena banyak tanda bahwa foto itu telah direkayasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pangeran William Hadiri Hari Persemakmuran

Sementara itu, Pangeran William bersama Ratu Camilla dan anggota kerajaan lainnya melanjutkan tugas kerajaan dengan menghadiri acara peringatan Hari Persemakmuran. William, Camilla, Putri Anne, dan Pangeran Edward hadir mewakili keluarga kerajaan. Sementara, Raja Charles III yang sedang menjalani pengobatan untuk penyakit kankernya muncul lewat rekaman video.

Hari Persemakmuran adalah perayaan tahunan 56 negara dan negara bagian yang pernah menjadi bagian dari Kerajaan Inggris, dan tetap bersatu di bawah asosiasi sukarela yang dipimpin oleh Inggris dan Keluarga Kerajaan. Didirikan pada 1949, sekitar 2,5 miliar orang adalah bagian dari Persemakmuran yang tersebar di seluruh dunia mulai dari Kanada hingga India hingga berbagai negara di Afrika dan Karibia.

Upacara tersebut memperingati 75 tahun Persemakmuran. "Peringatan ke-75 Persemakmuran adalah momen untuk merefleksikan perjalanan luar biasa yang telah dilakukan oleh keluarga unik negara-negara bebas dan mandiri sejak tahun 1949," kata Charles III.

"Meskipun kita tidak memiliki sejarah yang sama, kita memiliki ambisi yang sama untuk masa depan yang lebih baik dengan bekerja sama membangun ketahanan dan merespons tantangan global," lanjutnya.

"Keluarga Persemakmuran akan menjadi yang terkuat ketika kita terhubung, melalui persahabatan."

 .

3 dari 4 halaman

Foto untuk Peringati Hari Ibu

Foto kontroversial yang dirilis Kate Middleton pada Minggu, 10 Maret 2024, adalah untuk memperingati Hari Ibu di Inggris. Lewat foto tersebut, Kate pun buka suara pertama kali setelah menjalani operasi perut.

"Terima kasih untuk doa baik Anda dan dukungan berkelanjutan selama dua bulan terakhir. Mengucapkan Selamat Hari Ibu kepada semua orang," demikian bunyi unggahan di akun Instagram resmi mereka di samping foto tersebut. Pesan itu ditandatangani oleh 'C' yang berarti ditulis langsung oleh Catherine Middleton.

Putri Wales itu dipotret di luar ruangan dikelilingi ketiga anaknya dengan Pangeran William, yakni Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis. Disebutkan bahwa foto itu diambil oleh sang suami pada awal pekan lalu di Windsor.

Namun, foto yang awalnya disambut positif malah menimbulkan kontroversi setelah agensi foto ternama menarik foto tersebut karena proses editing yang tidak sesuai standar. Mengutip The Sun, Senin, 11 Maret 2024, adalah praktik standar bagi agensi foto untuk menarik gambar yang telah disunting. Dalam 'kill notice', AP menyatakan, "Jika diamati lebih dekat, tampaknya sumber telah memanipulasi gambar tersebut."

 

4 dari 4 halaman

Bukti Manipulasi Foto

Agensi tersebut menjelaskan bahwa foto yang dipublikasikan dirilis oleh Istana Kensington. AP kemudian mencabut gambar tersebut setelah didapati bahwa foto dimanipulasi dengan cara yang tidak memenuhi standar foto AP.

"Foto tersebut menunjukkan ketidakkonsistenan pada posisi tangan kiri Putri Charlotte," kata agensi foto tersebut.

NY Post juga menyebutkan keanehan lain dari foto tersebut, yakni rok kotak-kotak Charlotte juga tidak sejajar, dengan tepi kanan mencuat pada sudut kanan yang aneh dan tumpang tindih dengan tangan George. Detail tidak biasa lainnya yang menimbulkan pertanyaan tentang kebenaran gambar tersebut adalah jari menyilang Pangeran Louis di tangan kanannya dan gambar yang tampak kabur dan pola patah di lengan kanan sweter abu-abunya.

Insiden itu memancing kreativitas warganet yang membuat sejumlah meme. Seorang warganet membagikan foto yang dibuat oleh AI dari seorang wanita berambut cokelat dengan dua putra di dunia fantasi Roblox karya Nicki Minaj, Gag City, mengklaim bahwa itu adalah foto pertama Middleton sejak operasi perutnya pada Januari 2024.

Orang lain memberi judul pada perbandingan pada 2020 yang sebelumnya viral tentang penampilan Khloe Kardashian selama episode "Keeping Up With the Kardashians" versus apa yang dia unggah di Instagram dengan mengutip pernyataan permintaan maaf Kate.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini