Sukses

Tonton MA Goes To Campus di Vidio! Bisa Dapat Ilmu Soal Hukum, Profesi Jurnalistik, dan Etika Sosial Media

Salah satu instrumen yang memiliki peran penting dalam sistem demokrasi guna menciptakan keadilan di masyarakat adalah hukum.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu instrumen yang memiliki peran penting dalam sistem demokrasi guna menciptakan keadilan di masyarakat adalah hukum. Dengan kata lain, hukum menjadi panglima untuk mengawal demokrasi, merawat tujuan keadilan, dan juga menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Namun, berbagai tujuan tersebut sangatlah sulit dicapai ketika berbagai permasalahan bahkan pertentangan (conflict of interest) marak terjadi di masyarakat. Berbagai konflik tersebut pun dapat diselesaikan dengan berbagai cara, seperti mediasi, negosiasi, rekonsialisasi, arbitrase, gugatan perdata, penanganan kasus dengan acara pidana dan sebagainya. 

Dari pertentangan tersebut, seorang hakim sebagai wakil negara untuk menengahi konflik yang terjadi pun hadir dan menjadi kunci. Melalui seorang hakim, sebuah penegakan hukum atau law enforcement pun dijalankan demi menciptakan keadilan di masyarakat serta menciptakan equality before the law.

Untuk itu, seorang hakim perlu memandang sebuah permasalahan dengan objektif, menganalisis permasalahan tidak mementingkan diri sendiri dan bertanggung jawab, menangani permasalahan dengan keluhuran budi dan jujur, serta memutuskan permasalahan dengan penuh integritas.

Semua itu perlu dimiliki oleh seorang hakim dalam mengawal hukum agar demokrasi berjalan sebagaimana mestinya dan keadilan tercipta untuk selutuh masyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenali Lebih Dalam

Berkaitan dengan itu, untuk mengenali lebih dalam terkait dengan hukum dan profesi hakim sebagai profesi yang mulia dan pengawal keadilan di masyarakat, kamu bisa mengetahui lebih lanjut dengan menonton video MA Goes To Campus yang akan tayang di Vidio.com pada 30 September 2023 pukul 14.00 WIB. 

Video tersebut mengangkat soal hukum, profesi jurnalistik, dan etika sosial media yang akan dibuka oleh sambutan dari Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar, MA., Ph.D. dan Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung, Dr. H. Sobandi, S.H., M.H. 

Selain itu, dihadiri pula oleh Wakil Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta, Prof. Dr. Kamarusdiana, M.H., Pimpinan Redaksi Liputan6.com, Irna Gustiawati, Hakim Yustisial Kepaniteraan MA, Dr. Abdurrahman Rahim, SH., MH, dan Hakim Yustisial Biro Hukum dan Humas MA, Dr. Riki Perdana Raya Waruwu, S.H., M.H.

Menarik bukan narasumber yang hadir dalam video MA Goes To Campus tersebut? Jadi jangan terlewat menonton, ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.