Sukses

Model Belia Asal Bali Putu Bintang Putri Darmawan Siap Berangkat ke Ajang Miss Teen International 2022

Putu Bintang Putri Darmawan yang akrab disapa Bintang akan menjadi wakil Indonesia dalam kontes Miss Teen International 2022 di Tokyo, Jepang, pada 13 Desember 2022 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Nama Putu Bintang Putri Darmawan menambah deretan model berbakat yang lahir di Bali. Gadis berparas khas Pulau Dewata kelahiran Denpasar, 7 Juli yang kini berusia 15 tahun lalu itu akrab dipanggil Bintang.

Tahun ini, Bintang akan menjadi wakil Indonesia dalam kontes Miss Teen International 2022 di Tokyo, Jepang, pada 13 Desember 2022 mendatang.

Bintang terpilih setelah memenangkan kompetisi nasional Indonesian Stars Search 2021 di Balai Sarbini, Jakarta, yang merupakan ajang seleksi Miss Teen International di Indonesia.

Kriteria penilaian dalam Indonesian Stars Search yang mengacu pada aturan Miss Teen International, terbilang cukup berat. Selain harus cantik, peserta wajib memiliki kepribadian menarik, berkarakter kuat, inspiratif, dan kooperatif.

“Tahu sendiri kan remaja seusia Bintang, biasanya masih sangat labil. Tapi saya bersyukur Bintang bisa mengatasi itu sehingga bisa terpilih ke jenjang internasional,” ungkap Sang Mama, Lenny Hartono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sempat Bikin Khawatir

Wanita paruh baya kelahiran Cirebon, Jawa Barat yang merantau dan menikah dengan pria asal Bali, Putu Gede Darmawan, dikaruniai Bintang sebagai anak ke-4 mereka dari empat bersaudara.

Menurut sang ibuinda, ia sempat khawatir karena putri kesayangannya itu kadang agak moody.

“Tapi, Bintang di luar panggung, beda dengan Bintang di atas panggung,” puji Lenny.

Meski begitu, manajemen Bintang tidak berani pasang target muluk-muluk.

“Ini kan pertama kalinya Bintang mengikuti ajang internasional di dunia peagent. Jadi, bagi kami kompetisi kali ini lebih untuk membekali Bintang memperoleh pengalaman berharga, melatih kepercayaan diri di usianya yang 2 Juli mendatang baru memasuki usia 15 tahun,” ucap Lenny Hartono.

 “Kalau pun harus menyebut target, okelah, kami dengar Miss Teen International 2022 ini akan diikuti paling sedikit oleh perwakilan 48 negara. Jadi, jika lolos ‘Top 25’ saja bagi kami itu sudah merupakan anugerah yang akan sangat kami syukuri,” sambung Lenny.

 

3 dari 5 halaman

Pengalaman Tingkat Nasional

Dalam ajang internasional, Bintang memang baru pertama kali ikut. Namun dalam tingkat nasional, gadis Cancer yang agak pendiam ini sudah mengukir sejumlah prestasi membanggakan.

Terjun sebagai model dan peragawati cilik pada usia 13 tahun, setidaknya dalam kurun waktu dua tahun ini Bintang telah mengumpulkan banyak piala.

Beberapa di antaranya  Icon Bintang Academy Indonesia 2020 di Jakarta, Juara Umum Bintang Model Indonesia 2020 di Jakarta, Juara Umum New Indonesia Model 2019 di Jakarta, Juara Umum Top Model Indonesia Remaja 2019 di Bali, Juara 1 Puteri Pesona Batik Indonesia 2019 di Jakarta, dan Juara Best Model “Smart Model Look” 2019 di Jakarta.

Selebihnya, Bintang sudah wara-wiri di pentas catwalk sebagai peragawati untuk memeragakan busana-busana beberapa desainer, baik di Bali maupun di beberapa daerah di Indonesia.

Saat ini, Sang Mama, juga terus membekali Bintang dengan pengetahuan-pengetahuan terkait kontes Miss Teen International yang diperolehnya dari internet.

 

4 dari 5 halaman

Latihan dan Persiapan Lain

Bintang juga akan mengikuti serangkaian latihan, khususnya yang disiapkan Manajemen Indonesian Stars Search yang dipercaya sebagai penyelenggara seleksi Miss Teen International di Indonesia di mana tahun 2022 ini Putu Bintang Putri Darmawan alias Bintang tampil sebagai juara.

Miss Teen International sendiri adalah ajang kontes kecantikan remaja di bawah naungan Glamanad Group di India, dan merupakan ajang pembuktian prestasi modelling remaja tertua dan terbesar di dunia.

Kontes ini diselenggarakan setidaknya di 40 negara, termasuk di Indonesia. Tahun ini Miss Teen International memasuki gelaran ke-60 dan dijadwalkan diselenggarakan di Tokyo Dome City Hall, Tokyo, Jepang, pada 13 Desember 2022.

Untuk mengikuti event Miss Teen International 2022, Lenny dan manajemen sudah meminta kesediaan perancang busana kenamaan Wiki Wu menyiapkan gaun malam dan Inggi Kendran yang akan membuat kostum nasional.

“Pelaksanaannya masih agak lama, tapi kami sudah mulai persiapan dari sekarang,” ungkap Lenny yang dalam dua tahun belakangan ini mulai menekuni dunia fashion design.

Ditanya kenapa bukan Lenny sendiri yang menyiapkan busana yang bakal dikenakan Bintang dalam event internasional tersebut, ia menjelaskan alasannya.

“Ini levelnya beda. Biarlah desainer yang lebih berpengalaman yang merancang busana Bintang kali ini,” kata Lenny.

“Kalau urusan desain perhiasan silver, mau yang model seperti apa, serahkan ke saya, saya siap,” ujar Lenny setengah berseloroh.

Selama ini, Lenny dan suami memang dikenal sebagai pengusaha perhiasan perak yang sebagian besar produknya diekspor ke berbagai negara di dunia.

 

5 dari 5 halaman

Tetap Beraktivitas

Bintang sendiri terlihat menikmati persiapan menuju Tokyo. Ia masih menyempatkan diri melakukan aktivitas-aktivitas kesuakaannya yang lain.

“Aku suka menari, dan tarian yang aku sukai saat ini adalah KPop Dance Cover. Menari membuat hatiku selalu bersuka cita dan membuatku menjadi lebih percaya diri,” begitu kata Bintang.

“Aku juga suka dunia seni peran, tapi untuk yang satu ini aku masih pemula, dan aku ingin bisa mempunyai kesempatan untuk mengasah bakatku di dunia ini. Aku ingin bermain di film layar lebar. Itu salah satu cita-citaku yang masih akan aku kejar dan upayakan raih,” tutur Bintang yang selalu didampingi Sang Mama dalam percakapan dengan media di Jakarta beberapa waktu lalu.

Tidak itu saja. Diam-diam tapi serius, dalam dua bulan ini dia sedang  menekuni dunia menyanyi.

“Dari iseng-iseng aku memberanikan diri mencoba dan ternyata aku suka,” ucap Bintang girang.

Selain itu, Bintang ternyata mewarisi bakat baru Sang Mama di bidang fashion design.

“Aku terkadang merancang desain-desain busana. Dan busana hasil karyaku pernah diperagakan oleh teman-temanku,” ujar artis remaja multitalenta ini.

Apa cita-cita yang ingin diraih Bintang?

“Untuk saat ini, aku bercita-cita ingin menjadi seorang model profesional. Tapi seiring waktu berjalan nanti, mungkin akan ada cita-cita lain yang aku ingin capai. Jadi penyanyi misalnya,” ungkap Bintang.

Ia juga memberi bocoran bahwa rekaman single lagunya bakal segera dirilis.

“Tunggu saja tanggal mainnya,” kata Bintang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini