Sukses

Ragam Kuliner Kekinian di Bandung: dari Bolu, Surabi, Steak, hingga Mi Kocok

Kota Bandung masuk ke-10 Besar Best Food Cities Versi Taste Atlas Award Tahun 2023/2024. Daya Tarik Kota Bandung sebagai destinasi wisata favorit tidak lepas dari sektor kuliner.

Liputan6.com, Bandung - Kota Bandung terkenal dengan ragam wisata kuliner yang seolah tak pernah selesai dijajaki. Kudapan manis atau asin? Citarasa lokal atau internasional? Beragam kuliner tersedia di Bandung.

Belum lama ini, Pemerintah Kota Bandung mengumumkan bahwa kota yang memiliki julukan Kota Kembang ini berhasil masuk jajaran World Trending Destinations 2024 versi Tripadvisor.

Kota Bandung masuk dalam kategori “Best of the Best Destinations Travelers Choice”, berada di urutan ke-15 dari 25 kota di dunia dan menjadi satu-satunya kota dari Indonesia yang masuk daftar tersebut.

Kota Bandung juga masuk ke-10 Besar Best Food Cities Versi Taste Atlas Award Tahun 2023/2024. Daya Tarik Kota Bandung sebagai destinasi wisata favorit tidak lepas dari sektor pariwisata, kuliner, dan industri kreatif.

Bagi yang akan atau tengah berkunjung ke Bandung, kiranya tak ada salah untuk mencoba beberapa rekomendasi kuliner, dicuplik dari Diskominfo Kota Bandung, dari mulai bakmi, bolu, surabi hingga steak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bolu Geol

Bolu geol adalah modifikasi bolu Jepang atau pillowcake. Ada 6 varian rasa, di antaranya original, keju, coklat pandan dan rainbow. Bolu Jepang ini telah diadopsi sesuai citarasa lidah nusantara.

Bolu Geol adalah salah satu menu andalan yang dijual di Pillowcake, Jalan Aceh Kota Bandung, tak jauh dari Balai Kota Bandung dan Gedung Pakuan.

Pillowcake sudah hadir sejak tahun 2017. Selain di Jalan Aceh, Pillowcake pun memiliki 4 cabang. Yaitu di Jalan Terusan Buahbatu, Jalan Dago No.81, Jalan Setiabudi, dan Jalan Dakota Raya No.48 (Pasteur).

Selain bolu geol, tempat ini juga menyediakan oleh-oleh lainnya dengan beragam kue dan roti, seperti roti Unyil khas Bogor, hingga Egg Tart. Harga Bolu Geol yaitu Rp47.000 dan beberapa macam kue lainnya dengan harga yang ekonomis.

 

3 dari 5 halaman

Serabi Mirasa

Kuliner tradisional khas Bandung yang terkenal di antaraya adalah surabi atau serabi, jajanan jadul yang cocok menemani saat ngopi atau ngeteh.

Bagi pecinta serabi manis kalian wajib coba Si Legit nan lembut "Serabi Mirasa" di Jalan Karang Anyar No. 60 Kota Bandung sejak 1980.

Pembuatan serabi kinca masih menggunakan alat tradisional tungku dan arang. Bahkan resep Serabi Mirasa turun menurun dari keluarga. Ada 2 jenis serabi yang dijual pertama serabi kinca dan serabi oncom. Dalam sehari tempat ini bisa membuat serabi sampai 10 kilogram atau kurang lebih 500 buah serabi.

Serabi dihargai Rp2.500 per buah, buka setiap hari senin sampai sabtu pukul 11.00 - 16.30 WIB.

 

4 dari 5 halaman

Justus Steak House

Salah satu restoran steak terkenal di Kota Bandung adalah Justus Steak House. Restoran ini berdiri sejak tahun 2005 di Bandung Trade Centre (BTC).

Awalnya Justus fokus menyajikan burger. Namun beragam pertimbangan, Justus mulai menyajikan steak dan ternyata disukai konsumennya. Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 2015, Justus Steak House membuka outlet pertamanya di Miko Mall Bandung.

Saat ini Justus Steak House telah memiliki 13 outlet yang tersebar di dua kota besar Indonesia yaitu Bandung dan Jakarta.

Justus Steak House dikenal karena menu steak spesialnya, termasuk Fancier New York Cut 250 gram dan Cowboy Steak. Restoran ini juga menawarkan beragam hidangan dari masakan Western, Asian, hingga Indonesian cuisine, serta pilihan kopi dan dessert.

Justus Steak House menawarkan range harga mulai dari Rp89.000, Sedangkan menu beef (daging sapi) dinikmati mulai dari Rp118.000.

 

 

5 dari 5 halaman

Mih Kocok Mang Dadeng

Mi Kocok legendaris yang patut untuk dicoba yaitu Mih Kocok Mang Dadeng, dengan asal usul penggunaan kata "Mih" merujuk pada kata "Mi" yang biasa diucapkan orang Sunda.

Mih Kocok Mang Dadeng sudah berdiri sejak tahun 1953, yang bermula dijual lewat gerobak keliling dari waktu ke waktu. Kini semakin berkembang hingga akhirnya membuka gerai di beberapa lokasi di Kota Bandung, salah satunya di Jl Naripan No.1A dekat dengan kawasan braga.

Dengan penuh ciri khas, Mih Kocok Mang Dadeng menawarkan kikil lembut dan tebal yang disertai dengan tauge segar, potongan tulang kaki sapi, irisan daun bawang dan seledri, taburan bawang goreng, perasan jeruk nipis, dan kuah kaldu sapi yang kaya rasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini