Sukses

Digelar di 15 Kota, Kearifan Lokal Jadi Pemantik Pasar Rakyat Heppiii Community

76 Heppiii Community adalah sekumpulan anak muda dari seluruh Indonesia yang konsisten melakukan kegiatan-kegiatan positif untuk masyarakat.

Liputan6.com, Solo - Komunitas 76 Heppiii Community kembali menggelar aksi bermanfaat yang melibatkan puluhan UMKM di wilayah Kalimantan, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur. Kali ini mereka menggelar Pasar Heppiii 2024 yang dilaksanakan sepanjang bulan Mei 2024 lalu, melibatkan puluhan kota yang menggelar kegiatan ini secara serentak.

Pasar Heppiii dilaksanakan di 15 kota di wilayah Banyuwangi, kemudian Bojonegoro, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Malang, Mojokerto, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo,dan Situbondo. Kegiatan Pasar Heppiii juga digelar di wilayah Kalimantan seperti Banjarmasin dan Pangkalan Bun.

Koordinator 76 Heppiii Community Tingkat Nasional, Ronald Theo Lesmana mengatakan kegiatan Pasar Heppiii ini konsisten digelar setiap tahun dengan menggelar berbagai kegiatan.

Kegiatannya seperti pasar murah, kesenian, hiburan rakyat, syukuran warga, dan kegiatan kebersamaan warga desa serta anak muda lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Kesenian Lokal 76 Heppiii

"Pasar Heppiii ini gerakan dari anak-anak muda di berbagai daerah di Indonesia. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini yang merupakan inisiatif luar biasa membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau," kata Ronald kepada Liputan6.com, Rabu (12/6/2024).

Menariknya kegiatan dengan nuansa kearifan lokal juga banyak digelar, salah satunya oleh karang taruna (karta) Pohsangit Leres, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo dengan menampilkan kesenian Singo Wongso.

Kesenian tersebut sukses menyedot perhatian ratusan orang untuk datang ke lokasi menikmati sajian budaya sambil menggelar kegiatan sembako murah.

"Kesenian Singo Wongso ini dimainkan dengan menggunakan alat musik gamelan, lalu ada penarinya, kami mengucapkan terima kasih kepada Heppiii Community yang telah mewadahi kegiatan ini," ujar Ketua Karta Pohsangit Leres, Probolinggo, Abdul Khalim.

Sementara itu, Panitia pelaksana Pasar Heppiii Madiun Raya Anggit Putranto MP mengaku di wilayahnya ada tujuh desa menggelar kegiatan ini, yakni Karta Kapas Winong Desa Tanjungsepreh, ⁠Karta Baleasri Desa Baleasri, ⁠Karta Dasamulya Desa Candimulyo, ⁠Karta Ridho Pangeran Desa Plumpung, ⁠Karta Pemuda Ngrancang Bergerak Desa Mantingan, Karta Bintang Muda Desa Sidomakmur & Karta Mandiri Desa Bader.

"Di tempat kami ada kegiatan penjualan sembako yang dilaksanakan oleh karta di desa masing-masing, ada beras, gula, minyak, Kopi Gadjah dan door prize juga. Ada ratusan warga yang meramaikan kegiatan ini," tutur dia.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh Karta Tunas Muda Landasan Ulin, Banjarmasin. Ada berbagai kegiatan yang digelar seperti menjual sembako tebus murah hingga menyediakan hiburan karaokean kepada pengunjung.

"Pasar heppiii digelar bersamaan dengan adanya pasar malam. Kami ucapkan terima kasih kepada karta karena sebelum kegiatan dan saat kegiatan bersama-sama gotong royong menyiapkan semua, mereka sangat kompak," pungkas koordinator Heppiii Community Banjarmasin Saldinor.

Untuk diketahui, Pasar heppiii adalah lanjutan dari kegiatan Ramadhan Heppiii yang kegiatannya fokus pada renovasi fasilitas umum seperti gapura, pos ronda, pemasangan lampu penerangan jalan hingga renovasi musala dan masjid. Kini saat Pasar Heppiii lebih difokusin pada sembako murah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.