Sukses

Liburan ke Madura, Ini Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Pulau Garam

Keberagaman dan keunikan yang berbeda di Madura semakin mudah untuk ditemui dan menjadi daya tarik tersendiri untuk dinikmati

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan jembatan Suramadu memudahkan masyarakat untuk berkunjung ke Pulau Madura Jawa Timur selain menggunakan jasa penyebrangan kapal.

Keberagaman dan keunikan yang berbeda di Madura semakin mudah untuk ditemui dan menjadi daya tarik tersendiri. Madura juga dikenal dengan pesona wisata, budaya dan ragam kuliner yang menggugah selera.

Jika anda sedang berwisata atau hanya berkunjung ke Madura jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khasnya. Tidak hanya ada makanan, ada beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Madura yang juga menarik untuk anda bawa pulang.

Berikut daftar oleh-oleh Madura bisa dibawa pulang:

Petis Madura

Untuk masyarakat Jawa Timur, makanan dengan tambahan petis sudah menjadi hal yang biasa. Banyak sekali kulineran yang bahan makanannya ditambah dengan petis agar rasanya lebih gurih.Madura dikenal sebagai penghasil petis unggulan.

Petis Madura identic dengan rasa gutih dan warnanya yang lebih kecoklatan. Selain rasanya yang nikmat, harag dai petis madura juga ramah di kantong.

Rengginang

Cita rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah menjadikan rengginang ini camilan favorit oelh banyak orang. Dan rengginang Madura berbeda dengan rengginang lainnya.

Rengginang madura identik dengan bentuknya yang menyerupai mangkuk kecil, dan menggunakan tambahan lorjuk dalam adonannhya.

Lorjuk sendiri merupakan jenis kerang laut yang hanya ditemukan di Pulau Madura. Itulah sebabnya, rengginang Madura memiliki rasa yang lebih gurih dan tinggi protein.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batik Sumenep

Bukan cuma makanan, Madura juga punya batik cantik yang pas banget menjadi oleh-oleh. Memiliki corak dan motif khas yang detail dan unik, batik Sumenep patut menuai pujian.

Gurata batik di setiap lembar kainnya memiliki corak tersendiri dan juga keunikan yang patut diacungi jempol. Kendati, Sumenep berada di pesisir Anda tidak hanya akan menemukan corak biota laut atau hal yang berbau dengan laut saja.

Bahkan corak ikan hanya sesekali yang dituangkan dalam batik Sumenep. Corak seperti bunga, binatang darat hingga dedaunan justru yang menjadi yang paling banyak dijumpai.

Ciri lainnya, Batik Sumenep menggunakan dua hingga tiga warna dalam satu kainnya. Meski terlihat ramai, tetapi batik satu sangat cantik dan motifnya harmonis. Untuk harganya biasanya tergantung kerumitan motifnya.

Buah Siwalan

Madura dikelilingi oleh pantai pantai cantik yang membuat Anda akan mudah menemukan buah siwalan. Buah yang cukup ini sekilas mungkin mirip kelapa, tetapi sangat berbeda.

Apalagi jika masih belum dibelah, karena kulitnya berwarna kehitaman dan di bagian ujungnya berwarna hijau. Sementara buahnya memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang manis dan segar.

Udara Madura yang cukup panas memang sangat cocok dengan buah ini.Anda juga bisa menjadikan buah unik ini sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

Selain buahnya, Anda juga bisa membawa pulang Legen. Legen sendiri merupakan air yang diambil dari dalam buah siwalan. Rasanya yang menyegarkan, semakin nikmat jika ditambahkan dengan es batu. Kedua oleh-oleh itu biasanya akan ditemui di penjual yang sama. Harga yang ditawarkan juga beragam, yang jelas tidak terlalu mahal.

Otok

Panganan khas Madura yang juga menjadi oleh-oleh yang paling diburu selanjutnya adalah Otok. Otok dibuat dari kacang panang atau kacang tunjang, sehingga rasa gurihnya akan membuat siapapun yang mencobanya ketagihan.

Umumnya,Otok akan banyak ditemui di daerah Pamekasan. Hampir semua tempat oleh-oleh menjual makanan satu ini dengan berbagai merek dan juga ukuran. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk rasa otok sendiri cukup unik, karena tidak hanya memiliki cita rasa yang unik saja. Perpaduan rasa manis, pedas dan juga gurih inilah yang menjadi alasan Otok tak boleh dilewatkan.

Camilan satu ini sangat cocok sebagai teman bersantai, dengan ditemani secangkir kopi atau teh. Tenang saja, memborong Otok tidak akan membuat kantong Anda jebol.

Pasalnya oleh-oleh ini dijual mulai Rp. 15 ribu untuk kemasan 500 gramnya.

Penulis: Nila Amalia Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.