Sukses

3 Tempat Makan Soto Legendaris di Medan

Kota Medan sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) juga dikenal sebagai kota yang memiliki beragam kuliner dengan cita rasa yang enak.

Liputan6.com, Medan Kota Medan sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) juga dikenal sebagai kota yang memiliki beragam kuliner dengan cita rasa yang enak.

Banyak yang sengaja datang ke Kota Medan hanya sekadar untuk mencicipi kuliner, karena sudah tidak diragukan lagi kelezatan dan kenikmatannya.

Mulai dari makanan utama hingga jajanan, semua kuliner Medan tersebut cukup diminati. Banyak juga kuliner Medan legendaris yang masih tetap ada dan bisa dinikmati hingga saat ini.

Rasanya juga masih sama dengan rasa saat kuliner Medan tersebut pertama kali hadir di Medan. Salah satu kuliner Medan yang legendaris dan cukup banyak peminat adalah Soto Medan.

Soto Medan merupakan kuliner khas Sumut yang memiliki aroma khas yang unik, karena terbuat dari santan yang pekat dan rempah-rempah khas.

Soto Medan terbuat dari santan, daun jeruk limau, bunga lawang, lengkuas, serai, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jintan, lada hitam, jahe, kunyit, gula dan garam sebagai bumbu.

Kuah Soto Medan berwarna kuning kental dan biasanya disajikan dengan menggunakan suwiran daging ayam atau potongan daging sapi.

Ada beberapa tempat makan yang sudah ada sejak lama dan menawarkan Soto Medan sebagai menu santapan.

Berikut 3 tempat makan Soto Medan yang legendaris dan tetap eksis hingga saat ini di Medan:

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Rumah Makan Soto Sinar Pagi

Rumah Makan (RM) Soto Sinar Pagi berada di Jalan Sei Deli, Kota Medan, dan menawarkan menu Soto Medan sebagai menu utamanya.

Buka mulai pukul 07.00 WIB hingga 15.00 WIB, Soto Sinar Pagi menawarkan Soto Medan dengan citarasa yang lezat dan konsisten sejak dulu.

RM Soto Sinar Pagi telah ada sejak tahun 1962 dan memang sudah tersohor, tak hanya untuk masyarakat Medan tetapi juga luar Kota Medan.

Harga seporsi Soto Medan di RM Soto Sinar Pagi mulai Rp 30.000-an, sudah termasuk nasi putih hangat. RM Soto Sinar Pagi tak pernah sepi pengunjung, apalagi saat jam makan siang.

Beberapa publik figur dan artis juga sudah berkunjung untuk menikmati kelezatan Soto Medan di RM Soto Sinar Pagi.

3 dari 4 halaman

2. Soto Kesawan

Soto Kesawan juga menjadi tempat favorit untuk menikmati kelezatan Soto Medan.

Berada di Jalan Ahmad Yani, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Soto Kesawan juga merupakan tempat makan legendaris yang menawarkan menu utamanya adalah Soto Medan.

Seporsi Soto Medan di Soto Kesawan dibanderol dengan harga mulai Rp 23.000 sudah termasuk nasi putih.

Soto Kesawan buka setiap hari Senin-Sabtu mulai pukul 08.00 WIB hingg 14.00 WIB.

Tak hanya berada di Jalan Ahmad Yani, ternyata Soto Kesawan punya beberapa cabang yaitu di Jalan Merak, Jalan Surabaya, dan Brastagi Supermarket Tiara Medan.

4 dari 4 halaman

3. Nasi Soto Antonegara

Nasi Soto Antonegara juga tempat makan yang menawarkan menu Soto Medan sebagai menu utamanya, berada di Jalan Negara, Pandau Hulu II Kec. Medan Area, Kota Medan.

Nasi Soto Antonegara menawarkan pilihan menu Soto Medan dengan daging sapi, ayam, udang maupun jeroan seperti ampela, usus, dan babat.

Dalam penyajiannya, kuah soto dan isiannya akan disajikan terpisah dilengkapi kulit ayam dan perkedel.

Rasa sotonya yang gurih dan asin sangat cocok dipadukan dengan sambal kecap yang dominan pedas.

Nasi Soto Antonegara juga merupakan tempat makan legendaris yang sudah ada sejak tahun 1978 dan konsisten menyajikan menu Soto Medan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.