Sukses

Teror 2 Pegawai Kemenkumham Riau, Buntut Blok Khusus Napi Narkoba Lapas Pekanbaru?

Liputan6.com, Pekanbaru - Mobil dinas Kepala Pengamanan Lapas Pekanbaru dibakar oleh orang tak dikenal pada Kamis dini hari, 21 Januari 2022. Ini merupakan teror kedua yang dialami pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Riau.

Sebelumnya, teror terjadi kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau Maulidi Hilal pada Kamis, 16 September 2021. Rumahnya dilempar pakai molotov dan untung saja tidak ada mobil yang terbakar.

Melihat aksinya, modus pelaku sangat mirip. Mereka beraksi pada dini hari dan selalu terjadi pada pukul 04.40 WIB lebih kurang. Pemilihan harinya juga sama.

Hingga kini tidak diketahui apakah penyerangan ini karena dendam pribadi atau berhubungan dengan pekerjaan keduanya.

Namun sebagai catatan, serangkaian teror ini terjadi setelah Lapas Pekanbaru membuat blok khusus terhadap narapidana narkoba. Pihak Lapas juga kian intensif berkoordinasi dengan polisi terkait adanya peredaran narkoba di Lapas.

Setiap narapidana narkoba yang diketahui mengendalikan peredaran selalu diserahkan ke polisi. Tidak seperti dulu lagi karena harus melewati berbagai prosedur.

Terkait motif, Kepala Kanwil Kemenkumham Riau Pujo Harinto masih menunggu penyelidikan dari kepolisian. Kasus ini sudah ditangani tim gabungan Polresta Pekanbaru dan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau.

"Saya prihatin atas kejadian ini, saya juga terus menguatkan anak buah saya untuk tidak takut melawan teror," kata Pujo, Jumat petang, 21 Januari 2022.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Kita Lawan

Menurut Pujo, bisa saja teror ini ada indikasi karena berhubungan dengan narapidana narkoba.

"Karena musuh kita narkoba, ya kita lawan, toh dia kan salah, kalau yang salah ya pasti dia takut terang-terangan," jelas Pujo.

Kepada anggotanya, Pujo menghimbau tidak takut dan gentar menghadapi teror. Dia menyatakan ini resiko jika lawannya adalah narkoba.

"Jangan pernah takut, jangan pernah berhenti, jangan pernah kalah," tegas Pujo.

Sebagai informasi, mobil dinas Kepala Pengamanan Lapas Pekanbaru Effendi Purba dibakar oleh orang tak dikenal pada Kamis dini hari lalu. Dalam CCTV terekam ada pria yang melempar botol yang ujungnya sudah disulut api.

Akibat kejadian ini, mobil Isuzu Panther itu sudah tak bisa dipakai. Bagian depannya hangus dan sejumlah kaca pecah karena kobaran api.