Sukses

Bandung Siap-Siap PSBB Hentikan Corona

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengaku sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil perihal pengajuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Liputan6.com, Bandung Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengaku sudah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil perihal pengajuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pihak Pemkot Bandung tengah menyiapkan kajian untuk penerapan PSBB tersebut.

“Berdasarkan koordinasi saya dengan pak gubernur, bahwa beliau kemarin menyampaikan agar Bandung siap-siap untuk merespons PSBB di Bandung dan sekitarnya,” kata Oded, Senin (13/4/2020).

Oded menuturkan, pihaknya melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung tengah mempersiapkan langkah-langkah persiapan bila PSBB diberlakukan.

“Saya sudah instruksikan kepada ketua harian gugus tugas untuk mengadakan rapat dan dari kemarin sudah saya sampaikan untuk membuat sebuah kajian yang melibatkan para pakar akademisi seperti apa Bandung menghadapi PSBB ini,” ujarnya.

Oded menambahkan, pengajuan PSBB di wilayah Bandung raya akan mengikuti pola di Bodebek. Sehingga, Pemkot Bandung akan berkoordinasi dengan kepala daerah di Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Sumedang.

“PSBB yang akan diberlakukan tentu ada dalam koordinasi dengan gubernur. Oleh karena itu saya dan pak gubernur terus mengkoordinasikan apa-apa yang di Kota Bandung dengan (kepala daerah) di Bandung raya,” katanya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bandung Zona Merah

Seperti diketahui, PSBB diusulkan sebagai tindaklanjut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9/2020 tentang pedoman PSBB dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Diseade 2019 (Covid-19).

Kota Bandung tercatat sebagai salah satu daerah penyebaran virus Corona di Jawa Barat. Data di situs pantau covid19.bandung.go.id, Senin (13/4), terdapat 77 kasus terinfeksi positif corona. Rinciannya, 23 orang meninggal, 8 sembuh dan 46 masih dirawat.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyebut, pihaknya tengah membuat kajian pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah Bandung Raya. Hal ini dilakukan mengingat ada lonjakan kasus Covid-19 di wilayah tersebut.

"Kami sedang siapkan surat kajian data karena ada lompatan (kasus Covid-19) di Bandung Raya, di Kota Bandung, Cimahi, dan Sumedang," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil tu dalam konferensi pers, Minggu (12/4/2020).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.