Sukses

Sensasi Pagi di Sarasah Gadut, Air Terjun 7 Tingkat di Sudut Kota Padang

Liputan6.com, Padang - Jauh dari pemukiman penduduk, Sarasah Gadut, Padang menjanjikan suasana damai dan asri. Perpaduan pesona alam dan gemuruh air terjun cocok dinikmati sembari menyeduh kopi hangat.

Suasana damai nan asri itu sangat cocok untuk melepas penat dari rutinitas harian. Terlebih, jarak tempuhnya tidak jauh. Sarasah Gadut terletak di kaki Bukit Sarasah, tepatnya di Desa Koto Baru, Gadut, kelurahan Limau Manis Selatan, Kota Padang.

Berjarak 17 kilometer dari pusat Kota Padang, menuju Sarasah bisa dimulai dari daerah Pasar Baru, Padang, menuju Rumah Sakit Gadut. Lurus saja hingga menemukan jalan bebatuan.

Lantas, pengunjung menelusuri jalan tersebut. Sampai di ujung jalan akan bertemu jembatan dengan spanduk yang bertuliskan ucapan selamat datang di air terjun Sarasah Ulu Gadut.

Ketika Liputan6.com berkunjung, biaya administrasi agar bisa masuk ke air terjun ini terbilang murah, yakni Rp5.000 per orang dan biaya parkir sepeda motor Rp3.000.

Untuk mencapai air terjun, Anda harus menyusuri sungai. Sama seperti namanya, Ulu Gadut, Anda akan berjalan menyusuri sungai hingga hulunya.

Tidak sampai satu jam sejak menyusuri sungai, Sarasah Gadut mulai tampak. Banyak yang tidak tahu di sudut Kota Bengkuang ini ada air terjun yang begitu eksotis.

2 dari 3 halaman

Sensasi Memanjat Air Terjun 7 Tingkat

Air terjun dengan ribuan kubik air menawarkan sensasi yang menyegarkan. Tubuh, hati dan pikiran kembali bugar usai menikmati gemuruh air terjun yang dikepung pepohonan nan hijau ini.

Salah seorang traveller asal Kota Medan, Rizki (27) mengatakan berada di air terjun ini seperti tidak sedang berada di Kota Padang. Berbeda saat di kota, udara di sekitar air terjun begitu segar dan asri.

Satu hal yang ingin dilakukan ketika sampai adalah berenang dan duduk di bawah air terjun ini. Melancong ke tempat tersebut dapat melepas jenuh dan penat dari rutinitas harian yang mungkin membosankan.

"Airnya mengalir deras, dengan ketinggian hingga 15 meter cukup membuat pikiran tenang sekaligus bisaseru-seruan dengan teman-teman," ujarnya, usai berenang.

Hal unik lainnya dari air terjun ini adalah tingkatan air terjunnya mencapai tujuh tingkat. Namun disarankan hanya sampai tingkatan kedua saja. Karena jalur di sisi kanan air terjun cukup terjal.

Tetapi jika memang berjiwa petualangan, akan lebih seru untuk naik ke tingkatan berikutnya dan melihat pemandangan air terjun dari atas. Namun harus berhati-hati ketika mendaki tebing yang berada di sisi kanan air terjun.

Datang ke Sarasah Gadut wajib membawa kamera untuk mengabadikan momen dan juga jangan lupa membawa bekal dari rumah untuk disantap usai mandi di air terjun ini.

Jangan lupa membawa sampah makan dalam perjalanan pulang. Tidak ada salahnya juga memungut sampah di tempat ini dan membawanya hingga menemukan tempat pembuangan sampah. Dengan begitu, lingkungan terjaga dan tidak tercemar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Jajanan Murah Meriah di Pantai Padang yang Bikin Ketagihan
Artikel Selanjutnya
Menikmati Pagi di Mandeh, Raja Ampatnya Ranah Minang