Sukses

Sambut Damai Pagi di Air Terjun To Magelli Barru Sulsel

Liputan6.com, Barru - Kabupaten Barru tak hanya dikenal dengan keindahan alam baharinya, potensi alam pegunungan daerah yang terletak di bagian barat daratan Pulau Sulawesi ini, juga mampu memberikan kontribusi yang luar biasa abgi pengembangan sektor pariwisata Sulsel.

Salah satunya keberadaan air terjun To Magelli yang tepatnya berlokasi di Dusun Panasa, Desa Kamiri, Kecamatan Balusu atau sebelah utara ibu kota Kabupaten Barru.

Rizal (34) warga Jalan Cenderawasih, Makassar mengaku sudah ketiga kalinya berkunjung ke air terjun To Magelli. Terakhir, pada 28 Oktober 2019, dia bersama dua sahabatnya sempat menginap dan memasang kemah di area lokasi air terjun To Magelli itu.

"Mumpung lagi liburan jadi manfaatkan ke sana. Suasananya sangat damai dan serasa ingin kembali lagi berlibur nantinya ke sana," katanya, Rabu (6/11/2019).

Ia mengatakan perjalanan menuju air terjun To Magelli memang terbilang lumayan melelahkan. Selain juga jarak tempuh dari Kota Makassar menuju Kabupaten Barru yang mencapai 120 kilometer.

Setiba di ibu kota Kabupaten Barru tepatnya di Tugu Payung, perjalanan berikutnya kembali menempuh jarak kurang lebih 12 kilometer menuju ke arah utara daerah yang dikenal dengan pesisir pantainya yang cukup panjang itu. Yakni menuju daerah Takkalasi.

 

2 dari 2 halaman

Perjalanan Menuju Lokasi Air Terjun

Perjalanan belum berakhir. Dari jembatan Takkalasi, perjalanan selanjutnya menuju ke Desa Kamiri yang merupakan lokasi keberadaan air terjun To Magelli. Jaraknya, kata Rizal, sekitar 11 kilometer.

"Setelah tiba di Desa Kamiri, pengunjung dipersilahkan memarkir kendaraannya di tempat yang memadai. Setelah itu lanjut berjalan kaki menuju titik air terjun To Magelli melewati jalan setapak kecil yang jaraknya sekitar 1 kilometer," terang Rizal.

Ia berpesan selama dalam perjalanan menuju ke lokasi air terjun To Magelli, sebaiknya menggunakan kendaraan yang memadai. Selain jalanan ke lokasi cukup terjal, juga licin ketika musim hujan.

"Kendaraannya harus stabil selain lampunya terang, juga mampu melewati jalan tanjakan. Selama perjalanan kita melewati kawasan hutan lebat," tutur Rizal.

Rasa lelah selama perjalanan dijamin hilang ketika sudah sampai di lokasi air terjun To Magelli. Pengunjung langsung dapat merasakan dinginnya percikan air terjun dan suasana sejuk alam sekitarnya.

"Lelah akan hilang setelah berendam di bawah air terjun To Magelli. Yah satu lagi, jangan lupa membawa kamera biar bisa mengabadikan foto alam sepuas-puasnya. Lumayan untuk diupload di instagram kamu loh," Rizal menandaskan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Polisi Kantongi Identitas Tersangka Dugaan Korupsi Alat Peraga Imtaq di Gowa
Artikel Selanjutnya
Dugaan Korupsi Pasar Rakyat, Wakil Bupati Jeneponto Aman?