Sukses

Begini Penampakan Citros Bus Wisata Pantura Cirebon

Bus wisata Citros bantuan Pemprov Jawa Barat ini akan melintasi sejumlah destinasi wisata yang ada di Cirebon dengan berbagai fasilitas kelengkapan yang ada

Liputan6.com, Cirebon - Hujan tak menyurutkan semangat warga dan wisatawan untuk datang ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Mereka datang untuk melihat keunikan kendaraan bantuan wisata yang diberi nama Cirebon Tourism on Bus (Citros).

Rencananya, Citros akan melayani pengunjung berwisata ke sejumlah destinasi wisata di Pantura Jawa Barat ini. Pantauan di lokasi, pengunjung tetap memadati lokasi peluncuran Citros meski hujan deras.

Para pengisi acara pun semangat melihat antusiasme pengunjung. Hujan juga tak menyurutkan para penari menari dalam mengisi rangkaian peluncuran Citros.

"Citros salah satu fasilitas yg menunjang wisata Cirebon," kata Sekretaris Organda Cirebon Karsono, Sabtu (23/2/2019).

Dia menyebutkan, Citros merupakan salah satu bus bantuan wisata program Pemprov Jawa Barat. Oleh karena itu, dia berharap pengunjung di Cirebon bukan hanya meningkat.

Tetapi akan membuat tingkat kunjungan wisata di Cirebon lebih lama. Kursi yang disediakan berjumlah 20.

Dalam operasionalnya, Citros akan dilengkapi mini cafe dan mini distro dengan showcase oleh-oleh khas Cirebon, seperti t-shirt hingga kerajinan topeng Cirebon. Operator Citros terdiri dari pengemudi dan pemandu wisata.

Sejumlah destinasi wisata yang akan dilewati Citros yakni wisata religi komplek makam Sunan Gunung Jati di Desa Astana Gunung Jati, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, kawasan Kota Tua Cirebon, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, Taman Goa Sunyaragi, kawasan mal di Jalan Cipto Mangunkusumo, Balai Kota Cirebon dan Stasiun Cirebon di Jalan Siliwangi, hingga sentra batik Trusmi di Desa Trusmi, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon.

"Rencana kami Maret mulai beroperasi dan pengunjung sudah bisa menikmati perjalanan dengan Citros dari lokasi wisata yang dilewati bus ini dengan harga tiket Rp 5000," kata dia.

Tak hanya mengendalikan operasional bus wisata, Organda Kota Cirebon juga akan membantun shelter. Shelter tersebut menjadi titik dimana pengunjung bisa naik Citros.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jutaan Pengunjung

Keberadaan Citros diyakini mampu mendongkrak jumlah wisatawan di Cirebon. Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati menargetkan dua juta pengunjung datang ke Kota Cirebon tahun ini.

"Sinergi kami dan Pemprov Jabar semakin terlihat apalagi Cirebon jadi sorotan Pemprov untuk menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Jawa Barat," kata dia.

Dia mengatakan, Beberapa titik yang akan dilakukan penataan yakni Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon dan Gedung Negara Bakorwil.

Dia menjelaskan penataan destinasi wisata tersebut karena Cirebon memiliki sejarah yang panjang dalam perjuangan Indonesia. Cirebon juga memiliki tiga keraton dan satu peguron yang semuanya masih aktif serta dipegang oleh para penerus.

"Bagaimanapun kita harus tetap bersama baik Pemkot Cirebon Pemprov Jabar maupun pemerintah pusat agar target 2 juta wisatawan terpenuhi," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.