Sukses

Kreatif, Warga Cirebon Manfaatkan Koran Bekas Jadi Patung Karakter

Denny memanfaatkan limbah koran bekas menjadi barang seni yang memiliki nilai dan sudah banyak dipesan hingga ke Malaysia dan India

Liputan6.com, Cirebon - Kelihaian tangan Denny Roza mengolah limbah koran menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomi.

Limbah kertas koran yang tak terpakai biasanya dijual ke pedagang rongsok atau menjadi alas makanan seperti gorengan dan makanan di warung makan. Namun, di tangan Denny, limbah koran diubah menjadi patung karakter.

"Bahannya mudah ditemukan dan dicari tinggal kemauan kita saja," kata pria yang akrab disapa Yos Suhari itu, Kamis (21/2/2019).

Tumpukan koran bekas tersebut tidak direndam diair menjadi bubur kertas. Menurut dia, pembuatan patung koran tersebut sangat mudah untuk dilakukan.

Dia menyebutkan, bahan utama kerajinan tersebut yakni kertas koran bekas, kawat bonsai, cat acrylic, lakban kertas. Berbagai model patung dibuat Yos dengan suka cita.

"Selama ini saya promosi baru lewat sosial media saja Alhamdulillah banyak pesanan," kata dia.

Denny menjelaskan, patung karakter yang dibuat dengan bahan kertas koran memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya yakni tidak mudah pecah apabila patung tersebut jatuh.

Denny yang baru tiga bulan merintis kerajinan tangan patung karakter dari limbah koran tersebut mengaku tidak menemukan kendala signifikan dari setiap proses pembuatan.

"Paling umumnya saja tingkat kesulitan setiap karakter patung yang saya buat tapi rata-rata bisa diselesaikan," aku Denny.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komunitas

Tiga bulan menggeluti kerajinan patung karakter dari limbah koran, Denny mengaku sudah banyak pesanan. Rata-rata pemesan karya Denny dari komunitas.

Patung tersebut dijual dengan harga Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu per buah. Untuk pesanan khusus Denny membanderol harga Rp 200 ribu saja.

"Kalau pemesan dari luar kota ongkos kirim kami tanggung," kata dia.

Bahkan, Denny pernah melayani pesanan patung karakter untuk dikirim ke Malaysia dan India. Denny mengatakan, tekstur patung karakter sengaja dibuat kasar agar terlihat bahan dasar terbuat dari kertas koran. Denny

Denny mengaku, pembuatan patung karakter dari kertas koran bekas lebih efektif dibandingkan menggunakan tanah liat. Dalam satu hari, Denny mampu menghasilkan dua patung karakter.

"Tergantung tingkat kesulitan juga ya karena kalau dibuat halus nanti kesannya menjiplak," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.