Sukses

5 Tips Tubuh Bugar Kala Puasa dan Punya Kulit Glowing Saat Lebaran 2022

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki tubuh bugar selama menjalankan puasa dapat diwujudkan dengan beragam cara. Selain itu, ini juga persiapan untuk menghadirkan tampilan yang glowing ketika Lebaran 2022 tiba.

Apa saja tips untuk tetap bugar saat puasa dan punya kulit glowing saat Lebaran? Simak selengkapnya seperti dirangkum ElsheSkin berikut ini.

1. Rutin menggunakan rangkaian skincare di pagi hari

Sebelum sahur, sempatkan untuk mencuci muka agar kulit bersih dan sehat. Gunakan cleanser wash yang mengandung Chamomile Flower Extract, bekerja membantu meredakan kulit kemerahan dan sedang mengalami iritasi ringan, serta Citric Acid dapat membantu mengangkat lapisan sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih bersih dan halus.

2. Sahur dan konsumsi air putih yang cukup

Sahur kerap kali menjadi tantangan bagi banyak orang karena mengharuskan kita untuk bangun subuh. Padahal sahur adalah salah satu "bekal" utama agar ibadah puasa berjalan lancar.

Saat sahur, pilihan menu makanan pun menjadi penting. Sebaiknya pilih makanan yang bergizi dan sehat seperti sayur, telur, ikan, dan buah-buahan.

Selain itu hindari minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda karena dapat membuat cairan dalam tubuh menghilang lebih cepat. Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air dan setiap sistem di tubuh bergantung pada air, termasuk kulit.

Ketika asupan cairan berkurang, tubuh menyerap kelembapan di kulit untuk memenuhi cairan tubuh. Akibatnya kulit menjadi lebih kering saat berpuasa. Maka, minum air yang cukup saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap terhidrasi.

 
2 dari 2 halaman

3. Eksfoliasi kulit badan dan bibir

Menumpuknya sel kulit mati dapat membuat kulit tampak kusam. Kian lama dibiarkan menumpuk, sel-sel kulit mati akan tetap berada pada permukaan kulit yang berisiko menyumbat pori-pori kulit.

Bersama dengan minyak dan kotoran lainnya, sel kulit mati mudah terperangkap dalam pori-pori yang menjadi sarang bakteri untuk berkembang biak. Untuk eksfoliasi badan gunakan Body Scrub untuk mengembalikan kecerahan natural pada kulit dan mengurangi bintik hitam serta garis halus. Selain kulit badan, bibir juga perlu di eksfoliasi.

4. Olahraga ringan

Saat berpuasa tubuh tetap memerlukan aktivitas fisik supaya lebih fit dan segar. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, olahraga juga dapat meningkatkan produksi kolagen untuk mencegah penuaan dini, memicu pelepasan hormon endorfin dan serotonin untuk mengurangi rasa stres yang dapat memicu pertumbuhan jerawat, melancarkan sirkulasi darah sehingga kulit menjadi lebih cerah dan lembap, serta membuat kulit menjadi lebih bersih karena kotoran yang menyumbat pori-pori ikut keluar bersama keringat. Olahraga yang dibutuhkan tubuh setiap hari minimal 30 menit. Pilih aktivitas ringan seperti squat, push up, lunge, atau jalan-jalan sore sampai tiba waktunya berbuka puasa.

5. Gunakan serum di malam hari

Penggunaan skincare pada malam hari dapat membantu menjaga elastisitas kulit serta melindungi kulit dari kekeringan apabila tidur menggunakan pendingin ruangan. Pada malam hari kulit menjadi lebih responsif terhadap penyerapan produk seperti krim, serum, dan gel.