Sukses

PLN Siap Hadirkan 1.500 Charging Station Motor Listrik

Komitmen PT PLN (Persero) untuk terus mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik, terus diwujudkan lewat beragam cara. Sebagai realisasi terbarunya, PLN akan memulai menyiapkan suplai 1.500 titik charging station di beberapa lokasi untuk memudahkan konsumen motor listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Komitmen PT PLN (Persero) untuk terus mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik, terus diwujudkan lewat beragam cara. Sebagai realisasi terbarunya, PLN akan memulai menyiapkan suplai 1.500 titik charging station di beberapa lokasi untuk memudahkan konsumen motor listrik.

Dilansir dari laman resmi PLN, perusahaan pelat merah ini akan menambah kehadiran charging station yang tersebar di beberapa titik, seperti fasilitas umum, rumah ibadah, dan beberapa cabang restoran cepat saji dan diperuntukkan untuk kendaraan listrik roda dua atau motor listrik Greentech keluaran PT KKBrothers Baterai Inovasi serta kendaraan listrik umum.

Ini menjadi implementasi dan sejalan dengan Perpres nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang terus berkontrubusi dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

“Harapan ke depannya akan semakin banyak tumbuh manufaktur kendaraan listrik di Indonesia, sehingga cita-cita Net Zero Emission di Indonesia dapat diwujudkan,” ujar Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN.

Di samping itu, senada dengan Darmawan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan usai menandatangani MoU dengan PT KKBrothers Baterai Inovasi mengatakan, melalui penandatanganan nota kesepahaman, PLN UID Jakarta Raya siap menyuplai daya listrik untuk charging station KLBBB yang dibangun KKBrothers Baterai Inovasi.

“PLN menjamin kecukupan energi listrik untuk pembangunan 1.500 titik charging station tahap pertama milik PT KKBrothers Baterai Inovasi,” kata Doddy.

Ia juga memastikan bahwa cadangan listrik di Jakarta masih cukup digunakan untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik maupun kebutuhan lain. Dia menjelaskan, beban puncak di Jakarta sekitar 5500 Mega Watt (MW) untuk yang tertinggi, sementara supply sekitar 8.000 MW.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Honda Performance Development Rombak CR-V Hybrid Jadi Mobil Balap

 Meski mobil balap identik dengan bentuk sedan atau hatchback, namun Honda memiliki pandangan lain terkait hal tersebut. Kini, unit Honda CR-V hybrid telah dirombak sedemikian rupa dan menjelma menjadi sebuah mobil balap beringas dan siap menaklukan kompetisi.

SUV racing tersebut akan memulai debutnya pada ajang NTT Indycar Series pada tahun depan, di mana mobil ini telah melewati serangkaian pengembangan serta pengujian untuk memaksimalkan hasilnya.

Dikutip dari pmw-magazine, SUV ini digambarkan sebagai 'Serigala Indycar' yang bersembunyi dalam jubah CR-V. Model ini telah dikembangkan secara langsung oleh Honda Performance Development (HPD) dan bekerjasama dengan North America Auto Design Division (NAAD).

Sementara itu, model ini dibangun oleh Honda of America Racing Team (HART) dengan menyematkan unit powertrain V6 berkubikasi 2.2 liter twin-turbocharged.

Untuk menopang performa tersebut, Honda CR-V Hybrid ini telah dipersenjatai dengan superkapasitor Skeleton dan teknologi motor hybrid Empel MGU dan jantung pacu tersebut ditopang dengan bahan bakar terbarukan dari Shell.

Tidak hanya sektor lumbung pacu, untuk meningkatkan performa yang mumpuni dalam balapan nanti, model ini juga dibekali dengan sasis baja tubular chromoly yang dipadukan dengan bodywork Honda CR-V hybrid 2023.

3 dari 3 halaman

Fakta Olahraga Dapat Membantu Gangguan Kesehatan Mental

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.