Sukses

Kontribusi Positif Suzuki XL7 di Pasar Medium SUV

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki XL7 memberikan berkontribusi positif pada penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Terhitung, sejak peluncurannya pada Februari hingga Oktober 2020, Suzuki XL7 menyumbang 12 persen atau 7.405 unit di pasar wholesale sales.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total seluruh pasar medium SUV sendiri, mencapai 62.024 unit.

Sedangkan untuk Suzuki sendiri, Suzuki XL7 mampu berkontribusi sebanyak 15 persen di pasar wholesale sales dan 11 persen di retail sales untuk tahun ini.

Dijelaskan Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, kehadiran Suzuki XL7 menjadi salah satu stimulus pasar otomotif yang menghadirkan semakin banyak pilihan bagi konsumen.

"Selain menyegarkan di segmennya, Suzuki XL7 terbukti berhasil menjadi stimulus karena mampu berkontribusi 12 persen terhadap penjualan segmen Medium SUV,” terang Donny Saputra, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (27/11/2020).

Sementara itu, untuk penjualan Suzuki secara total sendiri, saat ini sudah mulai stabil. Meskipun, tahun ini dihadapkan dengan kondisi yang sangat tidak baik, karena hantaman pandemi Corona Covid-19.

2 dari 4 halaman

Penjualan total

Suzuki mencatatkan kontribusi terhadap pasar nasional sebesar 12,4 persen atau 5.715 unit secara ritel dan 10,5 persen atau 5.143 unit untuk wholesale.

Masih menurut Donny, meski pasar otomotif sedang lesu, namun capaian penjualan Suzuki perlahan-lahan semakin stabil. Pada September dan Oktober, kami berhasil mencatat angka penjualan mendekati 6.000 unit.

"Tentunya hal ini juga berkat kepercayaan masyarakat yang memilih produk Suzuki sebagai kendaraan andalan. Kami berharap industri otomotif Indonesia semakin pulih dan stabil kembali menjelang akhir tahun," terang Donny.

Seiring dengan peningkatan angka penjualan retail mobil sebesar 6,4 persen berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka penjualan Suzuki pun perlahan kembali stabil.

Selain itu, mulai stabilnya angka penjualan Suzuki ini didominasi oleh new Carry pikap sebanyak 3.363 unit atau sekitar 64 persen dari penjualan retail Suzuki pada Oktober 2020.

Kemudian, disusul XL7 sebagai SUV unggulan Suzuki yang berkontribusi sebesar 11 persen dan all new Ertiga sebesar 8 persen.

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: