Sukses

Persneling Mobil Matik Bisa Macet, Begini Cara Mencegahnya

Lebih mudah dikendarai, mobil bertransmisi otomatis atau mobil matik banyak diminati masyarakat saat ini. Meski tak perlu mengoper gigi, mobil matik juga memiliki persneling.

Liputan6.com, Jakarta Lebih mudah dikendarai, mobil bertransmisi otomatis atau mobil matik banyak diminati masyarakat saat ini. Meski tak perlu mengoper gigi, mobil matik juga memiliki persneling.

Seperti dilansir Suzuki Indonesia, Senin (7/9/2020), persneling pada mobil merupakan sistem hidrolik yang memungkinkan pergantian kecepatan dan arah putaran. Sistem roda ini akan menghantarkan tenaga mekanis dengan kecepatan rendah namun bergaya putar tinggi.

Karena itu, komponen ini juga perlu mendapatkan perawatan, berikut cara mudah merawat persneling agar tak mudah macet.

Rajin Mengganti Oli Transmisi

Periksa selalu oli mobil dalam interval 10.000 kilometer. Anda bisa melakukan pergantian oli transmisi setelah dua kali melakukan pergantian oli mesin kendaraan.

Rutin Mengganti Oli Gardan

Selain oli girboks, ada baiknya pengendara rutin melakukan penggantian oli gardan. Terlebih, mobil matik yang digunakan bertipe rear wheel drive atau penggerak belakang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rutin Mengecek Transmisi dan Kopling

Tak hanya mesin, pemilik kendaraan juga harus rutin mengecek fungsi transmisi dan kopling. Jangan lupa lakukan pengecekan berkala setiap menempuh 20.000 kilometer.

Periksa Komponen Pelat Kopling, Pelat Matahari, dan Synchromesh Ring

Selain oli, ketiga komponen ini juga harus diperhatikan. Pengecekan bisa dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan bagian transmisi dan kopling.

Khusus bagian synchromesh, pengendara perlu melakukan tindakan lebih lanjut. Hal ini berkaitan dengan keseragaman perputaran roda gigi transmisi.

Pengecekan berkala pada synchromesh akan membuat proses perpindahan gigi menjadi lebih mudah. Sebaliknya, jika synchromesh rusak atau terganggu, perputaran roda lebih sulit disamakan hingga persneling susah masuk.

 

3 dari 3 halaman

Mengganti Gigi pada Timing yang Tepat

Saat berkendara, gantilah gigi pada timing yang tepat sehingga mesin mobil tidak mudah rusak. Selain itu, lakukan pengecekan dan penggantian komponen transmisi secara berkala hanya di bengkel resmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.