Sukses

Sebelum Membeli, Kenali 3 Kelebihan dan Kekurangan Mobil Matik

Mobil bertransmisi otomatis atau lebih dikenal dengan mobil matik memberikan kemudahan saat berkendara. Pengemudi tak perlu repot-repot menginjak kopling, sehingga sangat membantu saat menghadapi kemacetan.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil bertransmisi otomatis atau lebih dikenal dengan mobil matik memberikan kemudahan saat berkendara. Pengemudi tak perlu repot-repot menginjak kopling, sehingga sangat membantu saat menghadapi kemacetan.

Mobil matik biasa dijual dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis transmisi manual. Hal tersebut dipengaruhi penggunaan suku cadang yang lebih rumit, serta berbagai perangkat tambahan yang mendukung kinerja dari mobil matik.

 

Meski begitu, masih terdapat berbagai kelebihan dan kekurangan mobil matik yang perlu diperhatikan. Sebagai contoh, salah satu kelebihan mobil matik adalah cara pengoperasiannya yang mudah. 

Apabila Anda hendak membeli salah satu jenis mobil dengan transmisi matik, maka ada baiknya untuk memahami tiap kelebihan dan kekurangan mobil matik yang umum terdapat di jenis transmisi tersebut. Hal ini untuk mencegah adanya hal yang tidak diinginkan dan membuat Anda kecewa setelah membeli mobil dengan transmisi matik.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum berbagai kelebihan dan kekurangan mobil matik tersebut dari berbagai sumber. Selain itu, ada baiknya berbagai kelebihan dan kekurangan mobil matik dipahami dan diperhatikan dengan seksama sebelum membeli mobil baru.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelebihan Mobil Matik

Jika dibandingkan dengan jenis manual, memang ada beberapa kelebihan dan kekurangan mobil matik yang cukup kentara. Dari sisi kelebihan, pada mobil jenis matik terdapat beberapa kelebihan yang tidak bisa didapatkan pada mobil jenis manual, beberapa di antaranya:

 

1. Tidak membuat kaki pegal

Salah satu dampak dari penggunaan mobil matik yang mudah, yaitu dari segi kenyamanan yang juga meningkat. Tidak seperti penggunaan mobil manual yang perlu melakukan perpindahan gigi, di mobil matik pengendara cukup menggunakan satu kaki untuk gas dan rem.

2. Lebih aman untuk jalanan menanjak

Salah satu kelebihan dari mobil matik terlihat saat dihadapkan dengan jalanan menanjak. Sebab mobil matik tidak rawan mundur layaknya mobil manual. Bahkan saat kondisi jalan macet di tanjakan, maka mobil matik tidak membahayakan pengemudi.

3. Cocok menghadapi kemacetan

Biasanya para pengguna mobil manual akan kerepotan saat dihadapkan dengan jalanan macet. Hal ini karena kondisi jalan macet mengharuskan pengendara melakukan oper gigi lebih rutin. Inilah mengapa kaki justru mudah pegal dan tidak nyaman. 

3 dari 3 halaman

Kekurangan Mobil Matik

Selain dari segi kelebihan, mobil matik juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipahami jika ingin membeli mobil ini. Bahkan satu di antara kekurangan mobil matik ini cukup membuat calon konsumen berpikir dua kali sebelum akhirnya memilih mobil matik. Berikut ini beberapa kelemahan mobil matik yang penting diketahui:

1. Boros bahan bakar

Mungkin kelemahan mobil matik ini sangat penting diperhatikan. Sebab jika Anda mengingkan mobil yang murah dan hemat, maka mobil matik mungkin bukan jawaban yang tepat. Hal ini dikarenakan oleh putaran mesin yang lebih sering dan tidak bisa di atur ketika berkendara.

Hal tersebut juga dipengaruhi oleh spesifikasi transmisi yang dimiliki mobil matik. Dengan adanya Torque Converter pada mobil matik, menjadi penyebab tingginya tingkat RPM mobil matik dibandingkan dengan mobil manual. Itulah mengapa bahan bakar yang dibutuhkan menjadi lebih banyak.

2. Biaya perawatan mahal

Lalu, kelemahan mobil matik yang juga penting untuk dipertimbangkan adalah dari segi biaya perawatan. Salah satu penyebabnya karena pemilik mobil matik harus mengganti oli sesuai jadwal yang ditentukan dan dengan intensitas yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan putaran mesin mobil matik lebih sering, sehingga daya tahan oli tidak bertahan lama.

Selain dari sisi perawatan yang cukup mahal, harga suku cadang dari mobil matik umumnya lebih mahal apabila mengalami kerusakan dan harus diganti. Dari sisi teknisi juga tidak semua teknisi mampu memperbaiki kerusakan pada mobil matik.

 

3. Harga beli mahal tapi harga jual rendah

Tingginya harga beli dari mobil matik tidak lepas dari kenyamanan yang ditawarkan kepada konsumen. Beda halnya dengan harga jual yang rendah, karena biaya servis mahal dan banyak yang menganggap bahwa mobil matik bekas banyak yang sudah mengalami beberapa masalah.

Maka dari itu, penting tentunya untuk memahami apa saja kelebihan dan kekurangan mobil matik. Sebab, kelebihan dan kekurangan mobil matik mungkin tidak banyak diketahui calon konsumen mobil matik, dan akhirnya menyesal sehingga memutuskan untuk mencari mobil lainnya.

Sumber: Hot Liputan6.com ditayangkan 06 Sep 2020, 12:25 WIB

Penulis: Fakhriyan Ardyanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.