Sukses

Live Report:PELANTIKAN MENTERI KABINET JOKOWI JILID 2

Memahami Arti Kata Coupe pada Sebuah Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Menyematkan kata coupe pada sebuah mobil memberikan kesan eksklusif pada mobil tersebut. Kata coupe identik dengan mobil dua pintu. Tapi kini tak seperti itu, karena beberapa pabrikan menyematkan kata coupe pada mobil yang memiliki lebih dari dua pintu.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan mobil coupe? Mengutip dari Worldwidemotors.com, Mudahnya, coupe yang diadaptasi dari Bahasa Prancis adalah model 2 pintu dari sebuah mobil.

Mulanya, kata coupe digunakan pada abad ke-19. Istilah ini merujuk pada kereta kuda yang dipotong (coupe) pada bagian belakangnya sehingga menyisakan tempat duduk dengan kapasitas 2 orang saja.

Seiring berjalannya waktu, kata coupe merujuk pada mobil 2-pintu dan 2-seat atau 2 jok depan saja. Selain itu, kabin belakang yang tak lebih besar dari 1 meter kubik juga akan masuk ke kategori tersebut.

Kini, definisi tersebut mulai tak berlaku. Pasalnya, berbagai pabrikan telah memiliki filofosi tersendiri terkait kata coupe. Bahkan, sekarang banyak beredar mobil coupe dengan kabin besar dan memiliki 4-pintu, sebut saja BMW X6, Mercedes-Benz GLC Coupe, dan Toyota C-HR yang merupakan singakatan dari Coupe-High Rider.

 

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Namun, tak jarang juga mobil coupe yang masih berpegang pada definisinya, kebanyakan sportcar sehingga disebut sport-coupe seperti Nissan 370Z Coupe, Lexus RC, Audi TT, Alfa Romeo GTV, Toyota GT86, dan Mercedes-Benz C-Class Coupe.

Sumber: Otosia.com 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Perjalanan Panjang Toyota Sebelum Menjadi Raksasa Otomotif Dunia
Artikel Selanjutnya
Langsung Aktifkan AC Saat Mobil Baru Menyala, Boleh?