Sukses

Datsun Cross Bercita-cita untuk Menembus Pasar Ekspor

Liputan6.com, Karawang- Perusahaan asal Jepang, Datsun telah secara resmi meluncurkan untuk pertama kalinya di dunia Datsun Cross. Namun ternyata tak hanya pasar nasional, Datsun juga ingin membuat mobil yang diproduksi di pabrik Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat itu bisa diekspor.

Hal ini pun diungkap Presiden Direktur NMI, Eiichi Koito, di sela media test drive Datsun Cross di Proving Ground Bridgestone, di Karawang, Jawa Barat, Kamis (8/3/2018).

“Produk ini dikembangkan dan diproduksi di Indonesia. Tapi tentu saja jika ada kesempatan, tentu saja kenapa tidak kami manfaatkan,” kata Koito.

Namun sayang, ketika menjawab pertanyaan lebih detail soal kapan dan bagaimana studi yang dilakukan Datsun, pria asal Jepang tersebut masih malu-malu mengungkapkannya.

“Kami tidak bisa bilang apa-apa soal itu. Juga soal rencana masa depan Datsun,” terangnya.

Tak hanya rencana persiapan ekspor, Koito sendiri enggan mengomentari jumlah produksi, target, serta inden yang diterima Datsun di Indonesia.

Hanya saja dia menyatakan bahwa inden Datsun Cross sudah sesuai dengan ekspektasi. Dan mobil tersebut pada 7 Maret 2018 sudah mulai dikirim ke sejumlah dealer.

Menyoal harga, Datsun Cross yang diklaim memiliki desain crossover ini dibanderol  Rp 161,49 juta untuk tipe manual dan Rp 173,99 juta untuk tipe CVT (on the road Jakarta).

1 dari 4 halaman

Datsun Cross Dibuat untuk Indonesia

Meski diluncurkan pada 18 Januari 2018, Datsun Cross pada dasarnya baru memulai produksi pertama mobil tersebut pada 31 Januari 2018 di pabrik Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat.

Dengan dikirimnya Datsun Cross kemarin, hal ini sesuai janji Koito saat peluncurannya beberapa waktu lalu.

Di pabrik Nissan yang berada di luas tanah 35 hektare dan mempekerjakan 2.400 karyawan, pembuatan Datsun Cross diklaim sudah menerapkan sistem produksi global, Nissan Production Way, di mana proses manufaktur dan pengecekan kualitas yang dilakukan akan menghasilkan produk berkualitas baik sesuai standard global Nissan. 

Kata Fumitoshi Yoshikawa, Vice President Manufacturing PT NMI, di balik setiap mobil Datsun Cross adalah kerja keras dan dedikasi tinggi untuk memastikan kualitas manufaktur yang bermutu tinggi.

“Saya mengapresiasi hasil kerja keras ribuan karyawan di pabrik ini dan juga di jaringan pemasok kami, sehingga Datsun Cross bisa mulai diproduksi”, ungkap Yoshikawa kala itu.

2 dari 4 halaman

Kelebihan Datsun Cross

Datsun Cross telah dilengkapi X-Tronic CVT, dan fitur keselamatan seperti VDC untuk semua kelas, yang terdiri atas anti-lock brakes (ABS), electronic brake distribution with brake assist (EBD), traction control (TCS), brake-limited slip differential (B-LSD), dan juga dua buah kantong udara depan, sistem pemberi peringatan sabuk pengaman dan lampu depan otomatis. 

Datsun Cross dibuat dengan mempertimbangkan situasi berkendara di Indonesia, seperti body cladding dan perlindungan di bagian bawah bodi untuk melindungi dari kemungkinan kerusakan akibat lumpur dan pecahan batu.

Selain itu, mobil ini memiliki ground clearance setinggi 200 milimeter, dan pelek 15 inci, dengan ban yang khusus dikembangkan dari senyawa karet yang memberi kinerja yang lebih baik dan hemat.

 

 

3 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Datsun Sedang Mengembangkan Produk Baru, Kapan Meluncur?
Artikel Selanjutnya
Datsun Cross Bermimpi Ciptakan Segmen Baru