Sukses

Honda Ciptakan Mesin Potong Rumput Tercepat di Dunia

Honda telah menciptakan mesin potong rumput tercepat di dunia dengan kecepatan maksimal hingga 187,6 km/jam.

Liputan6.com, Tokyo Honda telah menciptakan mesin potong rumput tercepat di dunia dengan kecepatan maksimal hingga 187,6 km/jam. Kreasi unik ini dilakukan oleh koalisi antara Honda dan Top Gear Magazine dari Inggris.

Melansir laman carscoops, Jumat (4/4/2014), mesin potong rumput ini meraih menyabet gelar mesin potong rumput tercepat di dunia setelah mengalahkan kecepatan mesin potong rumput sebelumnya yaitu 142 km/jam. Pemecahan rekor ini dilakukan di Bonneville Salt Flats dalam dua putaran.

Mengambil basis dari traktor HF2620, Mean Mower ditelanjangi dan dibangun ulang oleh tenaga ahli dari Honda British Touring Car yang biasa menggarap modifikasi di rumah modifikasi Team Dynamics. Uniknya, pisau baja setebal 3 mm beserta motor penggerak pisau tetap terpasang yang tetap mencirikan mesin potong rumput ini.

Mesin potong rumput ini dijejali mesin V-twin 1.000 cc dari mesin motor sport  Honda VTR Firestorm. Mesin balap ini mampu menyemburkan tenaga 109 hp dan mampu melesat dari 0-97 km/jam kurang dari empat detik.

Komponen kaki-kaki mengalami perubahan total. Mesin potong rumput ini menggunakan Roda yang digunakan khusus ATV untuk jalan aspal agar stabil ketika digeber. Untuk Suspensi dan roda lebih di dorong keluar agar tidak limbung.

"Mengemudikan itu membuat saya begitu ketakutan. Alat ini melesat seperti roket dan seperti umumnya mesin potong rumput, alat ini tidak menggunakan sabuk pengaman," jelas Piers Ward, Test driver dari Top Gear Magazine.

Bila semua mesin potong rumput mampu berlari secepat ini mungkin waktu yang dibutuhkan untuk memotong rumput stadion sepak bola yang begitu luas akan menjadi sangat singkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.