Sukses

Bisa Dicoba Nih Tips Bikin Kulit Tampak Berseri dengan Buah Naga

Ada beberapa manfaat yang ditawarkan buah naga untuk kulit jika Anda mengonsumsinya secara konsisten dan topikal.

Liputan6.com, Jakarta Buah naga atau pitaya salah satu buah eksotis yang tinggi serat, rendah karbohidrat dan kaya nutrisi, seperti magnesium, fosfor, vitamin esensial, zat besi, asam lemak omega, dan antioksidan. Karena itu, buah satu ini memberikan beragam manfaat. Selain untuk kesehatan, buah naga bermanfaat untuk membuat kulit tampak berseri.

Ada beberapa manfaat yang ditawarkan buah naga untuk kulit jika Anda mengonsumsinya secara konsisten dan topikal. Selain itu, buah naga juga menawarkan manfaat kesehatan tertentu. Beberapa di antaranya dapat mengurangi kadar kolesterol, kadar glukosa darah, dan tingkat tekanan darah tinggi. Meski belum terbukti, buah ini juga berpotensi mencegah risiko penyakit jantung sekaligus meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh, kesehatan mata, dan lainnya.

Manfaat Buah Naga untuk Kulit

Buah naga juga disebut "makanan super" karena memiliki profil kaya nutrisi yang mengandung berbagai nutrisi makro yang dinamis, seperti protein, karbohidrat, lemak, dan serat makanan serta nutrisi mikro seperti vitamin, mineral, elemen jejak, dll.

Untuk mengetahui lebih lanjut berikut ini beberapa manfaat buah naga yang perlu Anda tahu seperti melansir Pinkvilla, Jumat (21/7/2023).

1. Melembabkan

Buah naga terbukti mengandung jumlah air yang sangat tinggi yaitu sekitar 80 persen dari total volumenya. Selain itu, juga mengandung niacinamide atau vitamin B3 yang merupakan bahan perawatan kulit terkenal yang dikenal mengunci kelembapan dan mencegah kehilangan air . Dengan demikian, buah tropis ini dapat bermanfaat bagi kulit dengan menambah kelembapan dan membuatnya lembut, kenyal, dan sehat.

2. Meratakan warna kulit

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga bermanfaat bagi kulit dengan mengurangi sintesis melanin dan meningkatkan pergantian sel, terutama produksi kolagen dan sel darah putih. Hal ini menyebabkan kemerahan dan bekas luka pada kulit berkurang dengan cepat, membuat Anda memiliki warna kulit yang cerah dan merata.

3. Melawan jerawat

Kandungan niacinamide buah naga mungkin efektif untuk mengurangi jerawat sedang pada aplikasi topikal. Selain itu, penelitian yang dilakukan pada berbagai nutrisi buah naga telah menunjukkan bahwa magnesium bersama dengan vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi dan seng memiliki sifat antimikroba yang membantu dalam mengatur jerawat. Oleh karena itu, buah naga mungkin bermanfaat untuk kulit berjerawat.

4. Memberikan sifat anti-penuaan

Baik daging buah maupun kulit buah naga mengandung sejumlah antioksidan yaitu antioksidan vitamin C, betakaroten, likopen, dan betalain. Anti-oksidan bertanggung jawab untuk melawan radikal bebas dan menunda kerusakan oksidatif pada sel kulit. Dengan demikian, menunda tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus, kulit kusam, dll.

5. Memberikan efek menenangkan

Vitamin dalam buah naga, terutama vitamin B3 dan vitamin C memiliki efek antioksidan dan anti inflamasi yang menambah efek menenangkan pada kulit. Oleh karena itu, mengoleskan buah naga pada kulit yang terbakar sinar matahari dapat mengurangi kemerahan dan sensasi terbakar.

6. Memberikan perlindungan terhadap kerusakan akibat sinar matahari

Aktivitas antioksidan betacyanin, vitamin C, dan beta-karoten dalam buah naga secara aktif melawan kerusakan radikal bebas harian yang disebabkan oleh stres oksidatif yang disebabkan oleh sinar UV matahari yang berbahaya pada kulit Anda. Ini mencegah kerusakan pada DNA, membran lipid sel, struktur kolagen, dan photoaging. Oleh karena itu, memastikan bahwa kulit Anda sehat dan montok selama bertahun-tahun yang akan datang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Kulit

Untuk menikmati manfaat kulit buah naga secara maksimal, Anda bisa mengonsumsinya secara teratur atau mengoleskannya pada wajah untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat. Selain itu, Anda juga dapat membuat paket wajah berbeda yang menargetkan berbagai masalah kulit menggunakan buah naga dengan cara berikut

1. Untuk jerawat

Untuk mendapatkan manfaat vitamin C, zinc, dan niacinamide dari buah naga, Anda bisa langsung menggunakannya pada kulit. Berikut ini caranya:

• Ambil beberapa potong buah naga dan ubah menjadi pasta halus.

• Kemudian ambil bola kapas kecil atau gunakan jari Anda untuk mengoleskannya pada bintik jerawat atau jerawat aktif Anda sebagai spot treatment.

• Biarkan selama satu jam dan bersihkan.

• Jika kulit Anda bereaksi dengan baik, Anda juga bisa membiarkannya semalaman.

2. Untuk kulit bercahaya

Jumlah antioksidan dan mineral yang ada dalam buah naga dapat memberikan kilau pada kulit yang kusam dan lelah serta menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari. Untuk membuat masker wajah buah ini:

• Ambil 1/4 cangkir buah naga potong dan jadikan bubur.

• Kemudian ambil vitamin E dan/atau gel lidah buaya dan gabungkan.

• Oleskan ini ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 15 menit.

• Cuci wajah Anda secara menyeluruh dengan air dingin untuk membilasnya.

3. Untuk hidrasi alami

Seperti yang sudah kita bahas, buah naga mengandung hampir 80 persen air. Anda dapat menggunakannya untuk mengatasi kulit dehidrasi dan membuat kulit Anda tampak lebih sehat. Berikut ini caranya:

• Ambil 1/2 sendok makan jus buah naga.

• Campur dengan baik dengan 1 sendok makan yogurt.

• Oleskan ke wajah Anda dan diamkan selama 15 menit.

• Cuci bersih dengan air hangat dan nikmati manfaat menghidrasi dari buah naga.

Efek Samping Buah Naga

Buah naga biasanya merupakan buah yang sangat lembut dan aman untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda. Namun, ada beberapa kasus langka orang yang mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi buah ini.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan tes tempel sebelum mengoleskan buah naga secara topikal pada kulit Anda dan menjalani tes alergi sebelum mengonsumsinya jika ragu.

Belum ada data ilmiah yang cukup tentang efek samping yang ditimbulkan dari mengkonsumsi atau mengaplikasikan buah naga. Namun, seseorang dapat mengambil tindakan pencegahan tertentu untuk berada di sisi yang lebih aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.