Sukses

Reaksi Yayasan Setelah Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Rektor Universitas Pancasila Viral

Yayasan Universitas Pancasila langsung menggelar sejumlah rapat dan pertemuan setelah kasus dugaan pelecehan seksual dengan terlapor rektor berinsial ETH viral dan menjadi sorotan publik.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus dugaan pelecehan seksual yang menyeret Rektor Universitas Pancasila berinisial ETH menjadi sorotan masyarakat luas, tak terkecuali pihak Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP).

Hal itu diungkapkan Sekretaris Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila Yoga Satrio.

Dia bercerita, dugaan pelecehan seksual yang menyeret ETH menjadi viral setelah adanya pemeriksaan saksi di Polda Metro Jaya pada Jumat, 23 Februari 2024 lalu. Yoga memastikan, pihak yayasan tidak tinggal diam terkait kasus ini.

"Yayasan itu rapat mulai hari Sabtu, kemudian Minggu di rumah Pak Agum Gumelar. Kemudian hari Senin kemarin di kantor Pak Siswono. Kemudian ada informasi dari Pak Siswono, beliau di-WhatsApp oleh Dirjen Dikti agar masalah ini diselesaikan," ujar Yoga dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Dia menerangkan, pihak yayasan sangat prihatin atas terjadinya kasus dugaan pelecehan seksual ini, sebab Universitas Pancasila termasuk perguruan tinggi yang unggul.

"Dan hampir 70 persen prodi-prodi juga unggul. Sangat disayangkan kalau dengan akreditasi sedemikian baik ada masalah," ujarnya.

Jelang Masa Pergantian Rektor

Lebih lanjut, Yoga menerangkan bahwa masa jabatan ETH sebagai rektor sebenarnya akan berakhir pada 14 Maret 2024 mendatang.

Namun begitu, dengan pertimbangan suasana yang seperti ini dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, maka pihak yayasan menggelar Rapat Pleno Yayasan pada hari Senin, 26 Februari 2024 dan memutuskan menonaktifkan ETH dari jabatan rektor.

"Rapat Senin memutuskan dinonaktifkan sampe 14 Maret berakhirnya masa bakti kemudian menunjuk Purek 1 diangkat PLT rektor," ujar dia.

Sementara itu, hingga kini sudah ada delapan orang kandidat bakal calon Rektor Universitas Pancasila. Pihak yayasan berharap, pada Maret nanti sudah muncul rektor baru.

"Tunggu sampai 1 Maret kemudian kita proses, InsyaAllah setelah lebaran ada rektor baru," ujar Yoga menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yayasan UP Jamin Hak Korban

Yayasan dan Pendidikan Universitas Pancasila (YPPUP) menjamin hak RZ (42) sebagai karyawan. Kepastian itu disampaikan oleh Sekretaris Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila Yoga Satrio.

Dia mengatakan, salah satu korban pelecehan seksual oknum rektor Universitas Pancasila, ETH masih tercatat sebagai karyawan Universitas Pancasila.

"Kita tetap menjaga hak-haknya tidak dikurangi seperti tunjangan dan lain sebagainya, termasuk statusnya," ujar dia saat konferensi pers, Selasa (27/2/2024).

Yoga membenarkan, RZ sudah tidak lagi menjabat sebagai staf Humas dan Ventura Universitas Pancasila. Dia kini dipindah-tugaskan ke kampus pascasarjana di Jalan Borobudur, Jakarta Pusat.

Namun, Yoga kembali tegaskan pihak yayasan tetap memenuhi hak-haknya sebagai karyawan.

"Sekarang RZ itu ada di sekolah pasca di Kampus Jalan Borobudur, jadi enggak pernah dikurangi hak-haknya, masalah dia kerja apa enggak itu kita gak punya catatanya," ujar dia.

"Tapi selama dia belum diberhentikan atau diskorsing tetap kita berikan hak-haknya 100 persen. Nanti kita bisa ditanyakan kepada yang bersangkutan atau kuasa hukumnya," dia menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.