Sukses

Wapres Ma’ruf Amin: Pekerjaan Besar Kita Sekarang Jaga Marwah KPK dan MK

Wapres Ma'ruf Amin menyoroti merosotnya kredibilitas dua lembaga penegak hukum, yakni KPK dan MK. Dia pun berharap Nawawi Pomolango yang ditunjuk menjadi Ketua KPK sementara bisa kembali meningkatkan kredibilitas dan menjaga marwah lembaganya.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin, meminta Nawawi Pomolango selaku Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara bisa menjaga marwah dan kredibilitas KPK yang tengah merosot.

“Kita harapkan bahwa penggantinya ini supaya bekerja lebih baik lah. Supaya penegakan hukumnya supaya lebih ditingkatkan lagi, supaya marwah KPK ini jangan (turun),” kata Ma’ruf Amin saat ditemui di sela kunjungan kerja di Bratislava, Slovekia, Sabtu (25/11/2023).

Ma’ruf mengingatkan, saat ini penurunan kredibilitas tak hanya dialami KPK, melainkan juga Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kita kan ini mengalami ada KPK, ada MK, jangan sampai lembaga-lembaga penegak hukum kita itu kemudian kredibitasnya turun, sehingga perlu dibenahi,” kata dia.

Oleh karena itu, dia meminta agar marwah KPK dan MK tetap dijaga. Meski ia mengakui bahwa menjaga marwah KPK adalah pekerjaan besar saat ini.

“Kita memang harus bagaimana membuat MK lebih bermawah, bagaimana KPK juga lebih bermawah, itu pekerjaan besar yang kita hadapi sekarang,” ucap Wapres Ma'ruf Amin memungkasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Tunjuk Nawawi Jadi Ketua KPK Sementara Gantikan Firli

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara. Dia menggantikan Firli Bahuri yang diberhentikan sementara karena ditetapkan sebagai tersangka oleh Polri.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Jokowi telah meneken Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri. Selain itu, Jokowi menandatangani Keppres Pengangkatan Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara.

"Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri, sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK," jelas Ari kepada wartawan, Jumat (24/11/2023).

 

 

3 dari 4 halaman

Keppres Diteken Jokowi Begitu Mendarat di Jakarta

Ari menyampaikan Keppres ditandatangani Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat malam. Jokowi diketahui baru menyelesaikan rangkaian kunjungan kerja ke Papua dan Kalimantan Barat.

"Keppres ini ditandatangani oleh Presiden Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat malam, 24 November 2023, setiba dari kunjungan kerja dari Kalimantan Barat," tutur dia.

 

4 dari 4 halaman

Firli Bahuri Jadi Tersangka

Seperti diketahui, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Penetapan tersangka diumumkan oleh Direskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak setelah melakukan gelar perkara pada Rabu (22/11/2023) malam.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini