Sukses

7 Respons Pinkan Mambo Usai Sang Anak Michelle Ashley Buka Suara Jadi Korban Pelecehan Seksual Ayah Tiri

Anak Pinkan Mambo, Michelle Ashley akhirnya berani mengungkapkan kasus pelecehan seksual yang dialaminya dari sang ayah tiri.

Liputan6.com, Jakarta - Anak Pinkan Mambo, Michelle Ashley akhirnya berani mengungkapkan kasus pelecehan seksual yang dialaminya dari sang ayah tiri. Dugaan pelecehan seksual yang dialami Michelle Ashley (MA) terjadi pada 2018 dan berlangsung selama sekitar tiga tahun hingga tahun 2021. Saat itu, usia Michelle Ashley baru 12 tahun.

Namun, yang membuat Michelle Ashley semakin terpukul adalah ketika ia tidak mendapatkan dukungan atau perlindungan dari sang ibu. Sebaliknya, Pinkan Mambo malah menyalahkan Michelle atas kejadian tersebut dan tidak berniat untuk membongkar masalah ini ke publik. Michelle merasa tak berdaya dan terpaksa menutupi kejadian ini selama bertahun-tahun.

Pinkan Mambo pun akhirnya buka suara. Dia tak menampik fakta tersebut. Apa yang disebutkan oleh anak Pinkan Mambo bukan untuk mencari sensasi karena nyata terjadi.

Anak Pinkan Mambo diperkosa oleh SW, yang notabene merupakan ayah sambungnya sendiri. Pingkan Mambo juga sudah mengetahui hal itu.

"Benar (suaminya melakukan pelecehan dan memperkosa MA)," kata Pinkan Mambo melalui pesan singkat kepada pewarta di Jakarta, Jumat, 28 Juli 2023.

Kemudian, Pinkan Mambo membenarkan jika suaminya sedang menjalani hukuman penjara atas kasus pelecehan dan pemerkosaan terhadap putrinya, MA.

Soal tudingan MA, putrinya, yang merasa tak dilindungi Pinkan Mambo, penyanyi yang pernah tergabung dalam grup musik Ratu, membantahnya. Pinkan Mambo selalu membela buah hatinya untuk urusan pelecehan dan pemerkosaan yang dialaminya.

"Saya bela seribu persen anak saya," Pinkan Mambo menegaskan.

Pinkan Mambo pun mengungkap bagaimana hubungannya dengan sang suami, semenjak terbongkarnya kasus itu. Sudah 3 tahun ini Pinkan merasa tak lagi menjadi istri, meski perceraiannya belum diputuskan secara resmi.

Berikut sederet respons Pinkan Mambo usai sang anak, Michelle Ashley akhirnya berani mengungkapkan kasus pelecehan seksual yang dialaminya dari sang ayah tiri dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Benarkan Pelecehan Seksual Dilakukan Sang Suami dan Kini Sudah Dihukum

Pinkan Mambo akhirnya angkat bicara menyoal pengakuan anaknya, MA. Seperti diketahui, MA anak Pinkan Mambo mengaku dilecehkan dan diperkosa ayah tirinya berinisial SW.

Soal ini, pelantun lagu 'Aku Tahu Rasanya' tak menampik fakta tersebut. Apa yang disebutkan oleh anak Pinkan Mambo bukan untuk mencari sensasi karena nyata terjadi.

Anak Pinkan Mambo diperkosa oleh SW, yang notabene merupakan ayah sambungnya sendiri. Pingkan Mambo juga sudah mengetahui hal itu.

"Benar (suaminya melakukan pelecehan dan memperkosa MA)," kata Pinkan Mambo melalui pesan singkat kepada pewarta di Jakarta, Jumat, 28 Juli 2023.

Pinkan Mambo membenarkan jika suaminya sedang menjalani hukuman penjara atas kasus pelecehan dan pemerkosaan terhadap putrinya, MA.

Sayangnya, Pinkan Mambo enggan merinci mengenai kasus hukum yang dijalani suaminya. Berapa lama SW ditahan hingga dimana suaminya menjalani hukuman terkait kasus tersebut, Pinkan Mambo memilih untuk tak membahasnya.

 

3 dari 8 halaman

2. Akui Ikut Bersaksi di Persidangan Suami

Sebagai bukti Pinkan bertanggung jawab, Pinkan Mambo mengaku ikut bersaksi di persidangan suami terkait pelecehan seksual tersebut. Terlebih, saat ini sang suami sudah menjalani hukuman atas kasus itu.

"Jadi saya cuma sebatas mau klarifikasi aja kalau saya merasa dirugikan dengan MA bilang saya tidak bertanggung jawab apalagi tidak membela. Tidak mungkin, suami saya kan sudah dihukum. Itu atas pembelaan saya juga terhadap anak," urainya.

Bukan hanya perkara hukum, Pinkan Mambo juga mengklaim sudah berusaha menjalankan perannya sebagai seorang ibu. Bahkan, ia rela berjibaku mencari nafkah untuk semua buah hatinya.

"Jadi maksudnya Michelle satu orang yang ngomong di dalam keluarga saya ada 4 lagi yang lainnya, kalau saya enggak bertanggung jawab, enggak mungkin yang 4 ini tetap makan dan sekolah dengan baik," kata Pinkan.

Pinkan menambahkan, saat ini suaminya sudah menjalani hukuman atas kasus yang mengerikan tersebut. Sepengetahuannya, sang suami divonis 9 tahun.

"Iya benar (ditahan) 3 tahun lalu. Dilaporkan di Tangerang Polres, 9 tahun (hukumannya) setahu saya," ucap dia.

 

4 dari 8 halaman

3. Dituding Tak Bela Anak Saat Dilecehkan, Sebut Sudah Jatuh Tertimpa Tangga Ditabrak Truk

Pinkan Mambo tak terima dituding tidak membela putri kandungnya yang berinisial MA, saat dilecehkan ayah tiri. Netizen lantas menyebut mantan vokalis Ratu bukan ibu yang baik.

MA adalah anak Pinkan Mambo dari pernikahan sebelumnya. Setelah cerai dari ayah kandung MA, Pinkan Mambo nikah lagi. Suami baru inilah yang melecehkan MA hingga bermuara ke pengadilan.

Kepada jurnalis di Jakarta pekan ini, Pinkan Mambo menyatakan, seorang ibu pasti menyayangi anaknya. Ia mengklaim membela MA sebagai korban pelecehan seksual di muka hakim.

"Pasti seorang ibu sayang anak, pasti. Jadi yang mau saya bilang, itu salah total kalau saya enggak membela dia karena suami saya sudah dihukum itu atas saya bela M di pengadilan," kata Pinkan Mambo yang merasa nasibnya bagai sudah jatuh tertimpa tangga ditabrak truk.

"Makanya saya sudah serahkan kepada negara yang terbaik bagaimana. Saya merasa dirugikan di sini karena selama dia di dalam, saya tiga tahun membesarkan anak lima. Anak saya bukan M saja," sambung Pinkan.

 

5 dari 8 halaman

4. Minta Masyarakat Indonesia Tak Menghakimi dan Jangan Membunuh Karakter, Merasa Terganggu Sampai Nangis Empat Hari

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Senin 31 Juli 2023, Pinkan Mambo mengimbau masyarakat Indonesia melihat kasus ini secara jernih.

Pelantun 'Aku Baik-baik Saja' mengingatkan bahwa tudingan bukan ibu yang baik atau membiarkan anak kandung dilecehkan ayah tiri sama saja dengan pembunuhan karakter dan ini merugikannya.

"Tolong masyarakat Indonesia. Jangan M membuat masyarakat Indonesia membunuh karakter saya. Jangan menghakimi saya dong. Saya ini sudah susah. Sudah jatuh, ketimpa tangga, ditabrak truk lagi," keluh Pinkan Mambo.

Selain itu, Pinkan Mambo merasa terganggu usai buah hatinya, MA, membuat pengakuan telah menjadi korban pelecehan seksual ayah sambungnya, SW. Apalagi, Pinkan dituding diam saja saat sang suami melecehkan putrinya.

Atas kekecewaan yang dirasa, Pinkan mengaku menangis empat hari belakangan. Bahkan, ia enggan mengikuti pemberitaan mengenai putrinya, dan memilih fokus mencari nafkah untuk anak-anaknya.

"Sangat-sangat kecewa makanya saya sudah nangis empat hari. Saya pun enggak berani nonton MA ngomong apa, karena saya enggak mau ngeracunin hati saya," ujar Pinkan Mambo.

"Saya kan harus cari uang setiap hari. Anak saya kan pampersnya berapa, susunya, semua kan dibayar pakai duit, enggak bisa dibayar dengan berdoa," Pinkan menambahkan.

 

6 dari 8 halaman

5. Ungkap Status Pernikahannya dengan Suami, Janda Tanpa Surat

Pinkan Mambo tak menampik adanya kasus pelecehan seksual yang dilakukan suaminya terhadap MA, buah hati dari pernikahan sebelumnya. Bahkan, sudah 3 tahun terakhir sang suami mendekam di penjara karena perbuatannya tersebut.

Pinkan Mambo pun mengungkap bagaimana hubungannya dengan sang suami, semenjak terbongkarnya kasus itu. Sudah 3 tahun ini Pinkan merasa tak lagi menjadi istri, meski perceraiannya belum diputuskan secara resmi.

"Aku udah tiga tahun semenjak sama dia (dipenjara) enggak pernah merasa jadi istri. Saya janda tapi enggak ada surat, pasukan janda gantung aja," ujar Pinkan Mambo.

"Saya enggak merasa jadi istri. Kalau susah saya susah sendiri. Saya sering kok hampir mati di jalan, numpang rumah juga sendiri aja. Jadi tolong jangan membunuh karakter saya," sambung dia.

 

7 dari 8 halaman

6. Akui Kejadian Tragis, Usir Suami dari Rumah Usai Kejadian Terungkap

Pinkan Mambo sendiri tidak mengetahui secara rinci peristiwa pelecehan seksual yang menimpa putrinya. Namun, Pinkan memastikan telah membela MA semaksimal mungkin, setelah mengetahui perbuatan suaminya.

"Saya enggak tahu kejadiannya, karena saya bukan Tuhan yang tahu kejadiannya. Terus dia cerita, saya shock. Kalian bayangin se-tragis apa. Saya enggak mau ngomong lah, tapi kejadian itu ya hancur-lah saya," ungkap Pinkan.

Maka dari itu Pinkan mengaku sempat mengusir sang suami dari rumahnya. Namun di sisi lain, ia tak dapat menghalangi sang suami jika ingin bertemu anak-anaknya.

"Ya saya bilang, pokoknya kalau daddy pulang kamu tahu mobilnya, langsung kamu masuk kamar kunci kamarnya. Tapi ada satu cerita, di dalam cerita itu, yang saya enggak bisa cerita di sini, ada yang lainnya. Saya pagerin sampai situ. Toh kita harus menghargai pengadilan yang sudah mengurus segala sesuatunya," urainya.

 

8 dari 8 halaman

7. Sebut Nafkahi Anak Sendirian Habis Cerai dari Ayah Kandung MA, dari Bayi Merah Sampai Sekarang

Pinkan Mambo membantah tudingan bukan ibu yang baik setelah putrinya, MA, 'bernyanyi' di sejumlah podcast mengaku korban pelecehan seksual ayah tiri selama bertahun-tahun.

Sang ayah tiri, Steve Wantania, kini dipenjara. Berbagai sumber menyebut ia dibui 9,5 tahun akibat melecehkan MA. Mau tak mau Pinkan Mambo menjadi orangtua tunggal yang menghidupi banyak anak.

Setelah insiden mengerikan ini, MA anak Pinkan Mambo tinggal bersama ayah kandungnya, Sandy Sanjaya. Namun, belakangan Pinkan Mambo menguak fakta mencengangkan.

"Sejak kejadian itu, Michelle diasuh papanya. Tapi sekarang dia sudah bandel, 5 bulan ini tidak tinggal bersama papanya dan tidak tinggal bersama saya. Bagaimana saya mau bicara dengan anak model begitu," katanya soal pelecehan seksual MA.

Pinkan Mambo mengeluh sejak tragedi pelecehan seksual ini, hidupnya makin susah.

"Jadi enggak mudah untuk menjadi saya. Saya kan bukan cuma Michelle anaknya. Saya ada anak lainnya. Apalagi ada yang kecil-kecil, yang piyik-piyik itu, saya harus memikirkan mereka tumbuh besar tidak ada papanya," kata dia.

"Kalau saya enggak bela enggak mungkin papanya hari ini sedang menjalani hukuman di dalam (penjara). Saya di sini cuma mau klarifikasi, sampai situ saja, bahwa saya itu ibu yang sangat baik," sambung Pinkan.

Pinkan Mambo mengklaim sejak cerai dengan Sandy Sanjaya, dialah yang menafkahi MA dari bayi merah sampai beranjak dewasa. Karena banting tulang siang malam, Pinkan Mambo mengaku tak bisa memantau anak-anak 24 jam penuh.

"Sejak saya cerai dengan suami saya yang papa aslinya Michelle, hanya saya Pinkan Ratnasari Mambo, yang membiayai hidup Mic****** dari Michelle bayi merah sampai besar begini. Hanya saya yang membiayai," Pinkan Mambo menjelaskan.

"Sampai saya waktu itu enggak punya uang saya masih ingat, saya pinjam ke keluarga. Pinjam 50 ribu buat makan, karena anak kita banyak. Keluarga cuma bilang: Bukan urusan saya. Oh ya bukan urusan kamu. Saya cuma nangis saja," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.