Sukses

Libur Lebaran Idul Fitri, Objek Wisata Banten Dipadati 400 Ribu Orang 

Sebanyak 400 ribu orang lebih padati destinasi wisata yang ada di Banten. Objek wisata yang paling di mintai masyarakat berada di Pantai Anyer, Carita, Sawarna, Tanjung Lesung hingga Bagedur.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 400 ribu orang lebih padati destinasi wisata yang ada di Banten. Objek wisata yang paling di mintai masyarakat berada di Pantai Anyer, Carita, Sawarna, Tanjung Lesung hingga Bagedur diserbu saat libur lebaran Idul Fitri.

Tak hanya objek wisata alam, destinasi buatan juga turut dipadati masyarakat untuk menghabiskan waktu libur Lebaran Idul Fitri 2023.

"Kunjungan wisatawan ke seluruh destinasi wisata Banten capai 400 ribu," ujar Ketua Umum Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista), Ade Erivin, melalui pesan tertulisnya, Senin (24/04/2023).

Berdasarkan laporan dari anggota Balawista yang ada di wilayah Banten, nyaris seluruh wilayah di ujung barat Pulau Jawa dipadati wisatawan lokal maupun Jabodetabek.

Ade Ervin bersyukur geliat wisata di Banten kini telah bangkit, usai di hantam tsunami 2018, kemudian pandemi covid-19 sejak 2020 lalu. Perekonomian masyarakat yang bergantung di sektor pariwisata kini telah bangkit kembali, sehingga dapur mereka kembali ngebul.

"Kunjungan wisatawan kali ini cukup merata hampir terjadi kepadatan di setiap destinasi wisata, bukan hanya pantai tetapi sektor wisata lain juga cukup dipenuhi wisatawan yang berlibur," terangnya.

Pedagang makanan dan minuman ringan, pakaian, oleh-oleh hingga restoran kini menggeliat usai Idul Fitri 1444H.

Balawista memprediksi puncak wisatawan berlibur ke wilayah Banten terjadi pada Rabu, 26 April 2023.

"Apabila kondisi berjalan baik maka akan kembali padat pada tanggal 29 dan 30 April 2023," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantai Anyer Ditutup

Sebelumnya diberitakan destinasi wisata ke Pantai Anyer ditutup Polres Cilegon, lantaran telah dipadati wisatawan. Kendaraan pengunjung diputar balikkan oleh polisi.

Penutupan dilakukan sejak Senin 24 April 2023, pukul 12.00 WIB.

"Seperti dilihat sendiri ada putar balik, karena kami lihat mulai pukul 12.00 wib Pantai Anyer sudah mulai penuh, sehingga orang yang mau ke Anyer kami stop dulu, kami putar balik dulu," ujar Kapolres Cilegon, AKBP Eko Tjahyo Untoro, dikutip dari akun resmi Instagram @polres_cilegon, Senin (24/4/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini