Sukses

Gempa Bumi di Laut Banda Maluku Jadi Sorotan Media Asing

Sejumlah media asing ikut menyorot gempa bumi yang terjadi di Laut Banda Maluku.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi baru saja melanda wilayah Maluku Barat Daya bermagnitudo 7,4 (M 7,4).

Gempa magnitudo 7,4 mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku pukul 01.25 WIB, Kamis (30/12/2021). Pusat gempa tersebut berada di laut.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono, menyebut pusat gempa berada pada koordinat 7,68° LS - 127,55° BT di kedalaman 183 km.

Gempa yang getarannya terasa hingga wilayah Darwin, Australia pun ikut disorot sejumlah media asing. 

Media asal Singapura, Straits Times menyorot berita ini dengan judul "7.3 magnitude quake strikes off Indonesian coast: USGS."

"Gempa berkekuatan magnitudo 7,3 mengguncang lepas pantai Provinsi Maluku, Indonesia, pada Kamis dini hari (30 Desember), kata Badan Survei Geologi Amerika Serikat dalam sebuah pernyataan," demikian tulis artikel Straits Times

Sementara itu, media Amerika Serikat CNN juga menyorot berita ini dengan judul "7.3 magnitude earthquake hits off coast of Indonesia." 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disorot Media Asing

Media asing lain yang ikut menyorot berita ini adalah media asal Malaysia, The Star

Media The Star menyorot bahwa Indonesia sering mengalami gempa karena posisinya di "Cincin Api" Pasifik.

Selain itu, media Inggris The Guardian menyorot bahwa wilayah Darwin, Australia merasakan getaran akibat gempa tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis Pasien Positif Varian Omicron di Indonesia Terus Bertambah:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.