Sukses

Kadishub DKI: 80 Persen Pemudik Sudah Kembali ke Jakarta

Masih ada 20 persen warga pemudik yang belum balik ke Jakarta. Beberapa dari mereka memilih menunda kepulangan dan menunggu pelaksanaan WFH selesai.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan bahwa arus lalu lintas (lalin) di Jakarta mulai kembali padat seiring dengan hari pertama masuk kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pasca cuti Lebaran Idul Fitri 1445 H.

Pasalnya, banyak pemudik yang sudah kembali ke Jakarta. Terlebih lagi, pemerintah memberlakukan kombinasi masuk kerja work from home (WFH) dan work from office (WFO) bagi ASN di tanggal 16-17 April 2024.

Syafrin menyampaikan, sekitar 80 persen pemudik telah kembali ke Jakarta berdasarkan pantauan Dishub Jakarta. Namun, masih ada 20 persen warga pemudik yang belum balik ke Jakarta. Beberapa dari mereka memilih menunda kepulangan dan menunggu pelaksanaan WFH selesai.

"Yang balik dari pantauan kami sekitar 80 persen yang ke Jakarta," kata Syafrin di Balai Kota Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Syafrin juga menambahkan bahwa sekitar 28,4 juta warga Jakarta melakukan perjalanan mudik pada Lebaran 2024. Hal ini bisa dimengerti mengingat Jakarta merupakan kota besar di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Membawa Sanak Saudara

Dalam hal ini, Syafrin mengimbau warga pemudik yang belum kembali ke Jakarta untuk tidak membawa keluarga atau sanak saudara mereka untuk ikut menetap di Jakarta sebagai pendatang baru. Terlebih lagi, jika mereka tidak memiliki keterampilan khusus.

Ia berharap agar pemudik yang berangkat sekitar 28 juta orang kemarin dapat kembali dengan jumlah yang sama atau mungkin berkurang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini