Sukses

Hasil Semifinal BRI Liga 1: Diwarnai Debut VAR, Persib Tahan Imbang Bali United

Wasit sempat memberikan penalti untuk Persib berkat VAR. Sayangnya gagal membuahkan gol.

Liputan6.com, Jakarta- Gol menit akhir David da Silva membuat Persib Bandung berhasil menahan imbang tuan rumah Bali United 1-1 pada laga semifinal BRI Liga 1 2023/2024, Selasa (14/5/2024) malam WIB. Laga yang digelar di Training Camp Bali United ini diwarnai debut VAR di sepak bola Indonesia. VAR langsung bekerja memberikan hadiah penalti

Hasil imbang ini menguntungkan Persib. Mereka akan ganti menjamu Bali United di leg kedua semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 akhir pekan nanti.

Baik Persib maupun Bali United tampil berhati-hati di awal pertandingan. Tak banyak peluang yang tercipta pada 20 menit awal pertandingan.

Peluang emas pertama baru lahir pada menit 27 saat David da Silva lolosa dari kawalan pemain belakang Bali United. Pemuda Brasil itu membuat keputusan keliru. Ketimbang menembak langsung, Da Silva coba melewati kiper Bali United Adilson Maringa. Namun Adilson masih bisa menghalau bola sehingga peluang terbuang percuma.

Beberapa detik kemudian Persib kembali mendapat peluang. Kali ini sepakan dari Ciro Alves yang tak sempurna diamankan Adilson. Beruntung bola masih membentur tiang gawang.

Bali United sendiri begitu kesulitan menciptakan peluang berbahaya di gawang Persib. Pasukan Stefano Cugura pun terpaksa mencoba tembakan-tembakan jarak jauh, tapi tidak ada yang mengarah ke gawang sampai turun minum. Skor kacamata menutup babak pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Drama Babak Kedua Bali United vs Persib

Pertandingan semakin sengit dan seru di babak kedua. Bali United akhirnya bisa melepaskan tembakan ke arah gawang pertama tiga menit usai turun minum. Tembakan Irfan Jaya masih tepat ke tangkapan kiper Kevin Mendoza.

VAR akhirnya pertama kali digunakan di sepak bola Indonesia pada menit 50 untuk mengecek pelanggaran terhadap David da Silva di kotak penalti. Setelah melihat lebih dalam rekaman pelanggaran, wasit akhirnya memberikan penalti kepada Persib.

Sayangnya David da Silva yang menjadi algojo gagal menunaikan tugasnya. Sepakan Da Silva masih bisa ditepis oleh Maringa.

Persib kembali mendapat peluang emas di menit 64. Lagi-lagi Maringa cekatan menepis dua tembakan beruntun. Pertama dari aksi Ciro Alves. Kemudian bola muntah disambar Marc Klok. Dua-duanya bisa dimentahkan.

Bali United hampir mencetak gol di menit 75. Sundulan Privat Mbarga masih tepat ke arah Kevin.

Di menit 81, Bali United justru yang bisa membuka keunggulan. Pemain pengganti Jefferson mencetak gol lewat sundulan menyambar bola muntah sepakan Jajang Mulyana yang membentur tiang gawang.

Maringa kembali menyelamatkan Bali United. Lagi-lagi peluang Mac Klok yang digagalkan oleh Maringa sehingga keunggulan Bali United masih terjaga.

Petaka menimpa Bali United di menit 90+8. David da Silva membayar lunas kesalahannya gagal mencetak gol penalti. Pemain asal Brasil itu mencetak gol lewat sundulan menawan. Meneruskan umpan tendangan bebas jarak jauh Ezra Walian, David da Silva melepaskan sundulan dengan kepala belakang setelah memenangi duel dengan dua pemain Bali United.

Bali United malah harus mengakhiri laga dengan 10 pemain. Di menit 90+13, Jajang mendapat kartu kuning kedua karena melanggar Ezra saat melakukan serangan balik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini