Sukses

Amankan Malam Tahun Baru, Satpol PP Jakarta Kerahkan 490 Personel

Sebanyak 490 personel Satpol PP akan disebar di enam lokasi perayaan malam Tahun Baru 2023 di tingkat kabupaten/kota administrasi DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) DKI Jakarta Arifin mengatakan, akan mengerahkan 490 personel untuk mengamankan perayaan malam Tahun Baru 2023 di DKI Jakarta.

"Berkaitan dengan malam tahun baru, ada kegiatan malam muda-mudi semarak Jakarta, car free night. Kami terlibat juga dalam rangka pengamanan sepanjang jalur itu dengan menerjunkan lebih kurang 490 personel," kata Arifin di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa 20 Desember 2022.

Selain Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Arifin menjelaskan total 490 personel akan disebar di enam lokasi perayaan malam tahun baru 2023 di tingkat kabupaten/kota administrasi DKI Jakarta.

Adapun keenam titik yang dimaksud antara lain, Jakarta Pusat di Thamrin 10,Jakarta Utara di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jakarta Barat di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jakarta Selatan di Setu Babakan, Jakarta Timur di Old Shanghai Cakung, Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa.

Di sejumlah titik perayaan ini Pemprov DKI Jakarta akan menggelar festival malam tahun baru. Akan ada panggung hiburan di enam titik lokasi yang telah ditentukan.

"Mungkin nanti apakah berkembang dinamikanya akan bertambah, yang pasti bahwa tugas kami di Satpol PP pertama membantu dalam hal penyekatan kendaraan yang dipastikan tidak bisa melintas yang kemungkinan dimulai pada pukul 20.00 WIB," kata Arifin di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa 20 Desember 2022.

"Ini yang kita lakukan termasuk juga pengaturan untuk para pedagang, sentra zona mana yang boleh dan zona mana yang tidak boleh, itu juga harus kita pastikan dalam rangka pengamanan," lanjutnya.

Selain itu, Arifin menyampaikan bahwa pihaknya turut mengamankan ruang-ruang publik lainnya yang berpotensi dikunjungi secara massal oleh warga di malam tahun baru 2023.

"Di antaranya ruang publik yang biasanya ramai dikunjungi Kota Tua, kemudian ada di kawasan Danau Sunter, Jakut, CNI yang di Jakbar, kemudian di kawasan China Town di PIK 2, kemudian di BKT Jaktim, berikutnya di kawasan Bulungan Jaksel, dan juga di Jakpus di Masjid Akbar," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemprov DKI Jakarta Adakan Car Free Night di Sudirman-Thamrin Saat Malam Tahun Baru

Pemprov DKI Jakarta bakal menggelar berbagai rangkaian acara saat malam pergantian tahun baru menyambut 2023.

Salah satunya car free night yang akan berlangsung di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Pada 31 Desember 2022, car free night dijadwalkan berlangsung mulai pukul 20.00 WIB sampai pukul 02.00 WIB 1 Januari 2023.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengimbau masyarakat yang hendak menghabiskan malam tahun baru 2023 di kawasan Sudirman-Thamrin agar menggunakan transportasi publik untuk menuju lokasi car free night.

"Kami harap masyarakat yang nantinya berkunjung ke kawasan Sudirman-Thamrin merayakan tahun baru menggunakan layanan angkutan umum. Angkutan umum untuk MRT itu dioperasionalkan sampai pukul 02.00," jelasnya di Balai Kota DKI, Selasa 20 Desember 2022.

Syafrin menyebut nantinya juga ada layanan Transjakarta yang akan beroperasi melayani masyarakat selama 24 jam. Kendati demikian, di sejumlah titik keramaian lokasi malam tahun baru 2023, layanan Tj kemungkinan beroperasi secara situasional.

"Sementara kita pahami untuk layanan Tj ini sudah beroperasi 24 jam, memang pada saat melakukan car free night sifatnya untuk koridor 1 Blok M-Kota ini situasional, begitu terpantau di 7 atau 9 titik acara ada keramaian yang kemudian sulit dilalui Tj. Tentu Tj koridor Blok M-Kota akan dilakukan rerouting," jelasnya.

Meski demikian, Syafrin memastikan pihaknya akan memonitor seluruh moda transportasi umum agar bebas gangguan. Termasuk mengupayakan layanan Transjakarta dapat beroperasi normal.

 

3 dari 3 halaman

Pemprov DKI Jakarta Siapkan 41 Kapal untuk Perayaan Tahun Baru di Kepulauan Seribu

Pemprov DKI Jakarta kembali mengadakan perayaan tahun baru menyambut 2023 setelah tahun lalu tidak ada pesta perayaan.

Rencananya, perayaan tahun baru di Kepulauan Seribu akan diadakan di Pulau Untung Jawa. 

Untuk penyebrangan ke Pulau Untung Jawa, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, telah menyiapkan 41 kapal untuk perjalan ke sana.

"Untuk layanan kapal rakyat sudah tersedia 22 kapal yang nantinya akan melayani. Kemudian kapal Dishub total ada 19 yang nantinya akan diberdayakan di sana," kata Syafrin kepada wartawan, Selasa (20/12/2022).

Untuk waktu operasional, kapal tidak melayani saat sore hari. Warga diimbau untuk berangkat dari tanggal 30 Desember 2022.

"Tentu untuk layanan kita menyesuaikan dengan cuaca. Untuk sore, tidak ada pelayanan. Warga kami imbau untuk berangkat merayakan tahun baru tanggal 31 di Pulau Seribu, bisa berangkat hari Jumat atau pas Sabtu pagi bisa berangkat sehingga malamnya bisa melakukan kegiatan," jelas Syafrin.

Adapun masyarakat dapat ke Pulau Seribu dengan menyebrang dari Kali Adem atau Pelabuhan Muara Karang.

"Untuk penyebrangan, masyarakat yang menggunakan kapal bisa melalui Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke, di sana ada kapal Dishub dan kapal rakyat,” ujar Syafrin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.