Sukses

Muhammadiyah Bogor Pusatkan Sholat Idul Adha di Lapangan Sempur Sabtu Besok

Muhammadiyah telah menetapkan 10 Zulhijjah atau Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022 besok.

Liputan6.com, Bogor - Muhammadiyah telah menetapkan 10 Zulhijjah atau Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada Sabtu 9 Juli 2022. Penetapan hari raya kurban tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujud hilal.

Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kota Bogor menuturkan, pelaksanaan sholat Idul Adha 2022 akan dipusatkan di Lapangan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah pada Sabtu besok.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat KH Dr Muhyiddin Junaidi dijadwalkan menjadi imam salat Idul Adha di Lapangan Sempur.

"KH Muhyiddin akan berlaku sebagai imam dalam kegiatan solat Idul Adha besok (Sabtu)," kata Sekjen Pemuda Muhammadiyah Kota Bogor, Navis Aulia Rahman kepada wartawan, Jumat (8/7//2022).

Navis mengatakan, salat Idul Adha yang mengusung tema Keteladanan Nabi Ibrahim AS dalam memimpin umatnya itu akan dilaksanakan mulai pukul 06.30 WIB.

Ia menerangkan, kegiatan sholat Idul Adha untuk jemaah Muhammadiyah Kota Bogor hanya dipusatkan di Lapangan Sempur.

Untuk itu, bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan salat Idul Adha ini, dianjurkan sudah dalam kondisi berwudhu dari rumah, membawa alas salat, plastik untuk tempat sanda,l serta tetap menjaga protokol kesehatan.

"(Solat Idul Adha) ini terbuka untuk umum, bukan hanya bagi warga Muhammadiyah," kata Navis menandaskan.

Sementara Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim mengaku sudah menerima surat permohonan dari PD Muhammadiyah Kota Bogor terkait pelaksanaan salat Idul Adha 2022 di Lapangan Sempur pada Sabtu besok.

"Sudah diterima suratnya, dan kita berikan izin. Kita juga sudah konsolidasikan dengan berbagai pihak termasuk dengan Forkopimda. Pada prinsipnya tidak ada masalah," kata Dedie.

Sementara itu, Pemerintah Kota Bogor akan memusatkan salat Idul Adha 2022 di Masjid Raya Bogor pada Minggu 10 Juli 2022.

"Pemkot untuk salat Ied akan dipusatkan di Masjid Raya. Insya Allah kita akan koordinasi dengan MUI dan lain-lain," ucap Dedie memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masjid Istiqlal Gelar Sholat Idul Adha pada Ahad 10 Juli 2022

Sebelumnya Masjid Istiqlal menyelenggarakan salat Idul Adha 1443 Hijriah tingkat kenegaraan pada 10 Dzulhijjah 1443 H atau yang bertepatan pada Ahad, 10 Juli 2022. Adapun salat Idul Adha akan dimulai pada pukul 07.00 WIB.

"Mengikuti keputusan pemerintah melalui sidang isbat mengenai pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriah, Masjid Istiqlal melangsungkan salat Idul Adha pada Ahad, 10 Juli 2022," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, dikutip dari siaran persnya, Jumat (8/7/2022).

Selain itu, Masjid Istiqlal juga akan menggelar Gema Takbir pada malam Idul Adha 1443 Hijriah. Adapun Gema Takbir dapat dihadiri oleh masyarakat secara langsung di Masjid Istiqlal.

"Masjid Istiqlal juga akan menyelenggarakan Gema Takbir pada malam Idul Adha 1443 Hijriah, yang bisa dihadiri oleh masyarakat secara langsung di Lantai Utama Masjid Istiqlal, ataupun disaksikan secara daring melalui YouTube Channel Masjid Istiqlal TV," jelasnya.

Nasaruddin mempersilahkan masyarakat untuk mengikuti salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Namun, dia mengingatkan masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

"Pelaksanaan salat Idul Adha tahun ini bisa diikuti oleh jamaah secara umum dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku," ungkapnya.

Dia juga mengimbau masyarakat yang melangsungkan ibadah salat Idul Adha di Masjid Istiqlal untuk datang lebih pagi. Hal ini agar masyarakat dapat mendapatkan shaf di dalam gedung masjid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.